Sebanyak 39 orang calon haji asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel diberangkatkan menuju asrama haji Banjarbaru yang akan bergabung dengan Kloter 19 Kalimantan Selatan.

Kasubbag Peliputan dan publikasi bagian Humas Setda HST Muayyad di Barabai, Sabtu, mengatakan dirinya bersama para calon haji akan tergabung dalam kloter 19 yang berjumlah 315 orang.

"Jamaah calon haji kloter 19 berangkat dari embarkasi Banjarmasin menuju Madinah pada tanggal 4 Agustus 2019 pukul 23.55 Wita," katanya.
Baca juga: Rombongan terakhir calon jemaah haji HST diberangkatkan

Dikatakannya, JCH diperkirakan akan tiba sekitar pukul 02.00 waktu setempat ,enggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 8502.

Kasubbag Peliputan dan Publikasi Bagian Humas Setda HST Muayyad dan istri ikut rombongan calon haji yang tahun ini juga melaksanakan rukun islam ke lima.

Sementara itu, keberangkatan JCH mendapat pengamanan dan pengawalan dari jajaran Polres HST dan para anggota Satpol PP HST serta tim medis dari dinas kesehatan yang mengiringi selama perjalanan menuju Banjarbaru.

Momen mengharukan juga mewarnai keberangkatan yang dilepas keluarga maupun sanak saudara para calon haji yang rela datang dan menunggu dari pukul 12.00 Wita di halaman Kantor Bupati HST.
Baca juga: Jemaah haji Indonesia berburu kambing untuk bayar dam

Bupati Hulu Sungai Tengah yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs H Pandiansyah saat melepas jamaah, meminta semuanya agar benar-benar memantapkan diri untuk berangkat ke Tanah Suci.

Baik itu mantap dari segi mental maupun spiritual, karena sewaktu berada di sana akan bertemu dengan jutaan orang dari berbagai negara.

"Oleh karena itu, JCH harus jaga kesehatan lahir batin, baik dari berangkat sampai pulang kembali ke tanah air dan sampai kembali ke Kabupaten HST serta dapat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta," katanya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh jamaah untuk bisa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis dan para petugas apabila ada sesuatu hal yang mengganggu kesehatan, serta harus sabar menjalankan ibadah.
Baca juga: Bupati harap jemaah calon haji khusyu beribadah
 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019