Bupati Banjar Khalilurrahman melantik Mokhammad Hilman sebagai sekretaris daerah setelah sebelumnya jabatan karier aparatur sipil negara tertinggi di kabupaten itu kosong ditinggalkan Nasrun Syah. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah M Hilman yang sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar itu dilakukan di Mahligai Sultan Adam Martapura, Jumat.

"Saya memilih Hilman karena nilai yang diraihnya paling tinggi diantara dua calon lain disamping keyakinan yang bersangkutan mampu jalankan tugas dengan baik," ujar bupati usai pelantikan. 

Ditekankan, posisi sekretaris daerah memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan visi misi kepala daerah disamping koordinator bagi pimpinan SOPD di lingkup Pemkab Banjar. 

"Kami nilai yang bersangkutan mampu mewujudkan visi misi dan menjalin koordinasi yang baik dengan pimpinan SOPD termasuk dalam meningkatkan penyerapan anggaran," ungkapnya. 

Baca juga: DPRD minta pemerintah atasi persoalan air bersih di Kabupaten Banjar

Bupati juga meminta Hilman bisa langsung menjalankan tugas dan mendorong program kerja SOPD yang belum dilaksanakan terutama program prioritas agar cepat dan tepat sasaran hingga 2020.

Dikatakan, program prioritas harus direalisasikan sesuai target karena sudah dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2020 sesuai visi misi kepala daerah.

"Inti dari semua program yang kami canangkan dalam visi misi adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah," ujar bupati yang juga dikenal sebagai ulama Kabupaten Banjar. 

Sementara, Sekda Banjar M Hilman mengatakan, jabatan yang diberikan bupati merupakan amanah luar biasa dan siap dijalankan sesuai tugas dan fungsinya membantu kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misi. 

"Jabatan ini merupakan amanah yang luar biasa dan kami meminta dukungan seluruh pihak sehingga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan hasilnya sesuai harapan," kata Hilman. 

Pelantikan sekda Banjar dihadiri Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto, Kajari Martapura Muji Martopo, Waka Polres Banjar Kompol Joseph E Purba dan pimpinan SOPD Pemkab Banjar. 

Baca juga: DPRD minta pemerintah atasi persoalan air bersih di Kabupaten Banjar
Baca juga: Generasi muda Kabupaten Banjar diajak gebrak pariwisata
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019