Tim Penggerak PKK Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan keluar sebagai juara umum Lomba Cipta Menu B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman) dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Tanah Laut (Tala)  2019 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut, di Gedung Balairung, Selasa (30/7).

Selain menjadi juara umum, Tim Penggerak PKK Kecamatan Pelaihari  juga menjadi juara 1 untuk kategori balita, juara 2 kategori keluarga dan juara 2 kategori kudapan.

“Lomba semacam ini bisa mendorong para ibu rumah tangga memiliki kreativitas dan inovasi dalam memasak untuk keluarga. Terlebih produksi ikan di Tanah Laut berlimpah,”ujar Bupati Tanah Laut H Sukamta, di sela-sela acara tersebut.

Sukamta menyebut, kegiatan tersebut sangat bagus karena bisa menjadi peluang usaha bagi para ibu rumah tangga, terutama memajukan perekonomian keluarga dengan menciptakan variasi menu yang menarik.

“Di tempat kita ini banyak orang berkunjung, jadi harapannya tidak cuma berwisata pantai dan gunung tapi juga bisa menikmati wisata kuliner dengan variasi menu, sehingga bisa menumbuhkan unit baru untuk meningkatkan pendapatan perekonomian,”ujarnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, penyakit itu bukan datang dari mana-mana, tapi bagaimana  menjaga pola makan dan harapannya ibu-ibu menyajikan makanan sehat, bergizi dan aman karena untuk menjaga pertumbuhan anak-anak kita,”pesan bupati.

Sementara itu pemenang lomba masak serba ikan untuk kategori keluarga, juara 1 PKK Kecamatan Bajuin, juara 2 PKK Kecamatan Pelaihari, juara 3 PKK Kecamatan Batu Ampar. 

Baca juga: Pemkab gelar konsultasi publik rencana pembangunan kantor baru

Kategori balita, juara 1 PKK Kecamatan Pelaihari, juara 2 PKK kecamatan Tambang Ulang, juara 3 PKK Kecamatan Batu Ampar. 

Kategori kudapan, juara 1 PKK Kecamatan Panyipatan, juara 2 PKK Kecamatan Pelaihari dan juara 3 PKK Kecamatan Batu Ampar. 

Juara 1 berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1,250 juta dan juara 3 sebesar Rp 1 juta.
 
Kemudian, pemenang lomba B2SA, juara 1 PKK Kecamatan Pelaihari, juara 2 PKK Kecamatan Batu Ampar dan Juara 3 PKK kecamatan Tambang Ulang.  

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan uang tunai, juara 1 sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1,250 juta dan juara 3 sebesar Rp 1 juta.

Baca juga: Bupati lepas peserta boarding pelatihan berbasis kompetensi dan inobel

Baca juga: Bupati sampaikan KUA-PPAS 2020 ke dewan
Tim Penggerak PKK Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut keluar sebagai juara umum Lomba Cipta Menu B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman) dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Tanah Laut (Tala) tahun 2019 digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut, di Gedung Balairung, Selasa (30/7).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019