Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Dr Muhammad Akbar meminta agar semangat gotong royong kembali digelorakan di seluruh kampus di wilayak Kalimantan.

Menurut dia, semangat gotong royong sangat relevan untuk terus digelorakan, untuk kembali mengikat dan terus menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, terutama pascapelaksanaan Pemilu 2019.

"Seperti yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomimfo) Republik Indonesia Rudiantara saat upacara ke 111 Harkitnas beberapa waktu lalu, yang berharap agar seluruh kampus membangkitkan kembali rasa persatuan," katanya.

Sebelumnya, memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2019 yang tahun ini memasuki angka ke-111, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan mengadakan upacara bendera pada Senin, 21 Mei 2019.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI, Dr Muhammad Akbar di Halaman Kantor LLDIKTI Wilayah XI. 

Setidaknya seluruh jajaran pemimpin, pegawai LLDIKTI XI dan  Dosen PNS DPK beserta Mahasiswa PTS ikut dalam upacara tersebut.
. (Antaranews Kalsel/Humas Kopertis/Muhammad Adie Karya)

Pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan tema “Bangkit Untuk Bersatu” menteri menyampaikan bahwa tema tersebut sangat relevan terhadap situasi pascapesta demokrasi.

Pada pelaksanaan Pemilu, kata dia, banyak menguras energi sebagian besar masyarakat kita. Mengapresiasi pilihan yang berbeda beda dalam pesta demokrasi yang tentunya diniatkan untuk kebaikan bangsa.

"Dengan semua harapan untuk persatuan Indonesia, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema Bangkit Untuk Bersatu. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia pasca pesta demokrasi," kata Dr Muhammad Akbar saat membacakan sambutan Menkominfo.

Menkominfo mengatakan, Bangsa Indonesia adalah negara yang besar dengan kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, budaya dan bentang geofrafis yang begitu luas. 

Semangat gotong royong telah mampu memberikan semangat untuk menjaga persatuan dinegara kita. Semangat ini mampu terus menghidupi semangat persatuan selama berabad abad.
 
"Meski kita gali dari kearifan nenek moyang kita yang telah dipupuk selama berabad abad ini namun sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta," katanya. 

Menurut dia, Sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan," katanya.
. (Antaranews Kalsel/Humas Kopertis/Muhammad Adie Karya)

Menkominfo menutup sambutan tertulisnya dengan berharap agar setiap lapisan masyarakat dapat bersama-sama ecara sadar memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini dengan mempebaharui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai kearifan lokal yang akan membawa negara kita menuju kejayaan di pentas global.

Humas LLDIKTI XI/Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019