Bank Kalsel yang merupakan bank milik pemerintah daerah di Kalimantan Selatan, mendorong pengembangan dan pembangunan kawasan industri Jorong dan Batulicin.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin di Banjarmasin, Senin, mengatakan saat ini pihaknya fokus membantu pemerintah untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di daerah untuk memacu pertumbuhan ekonomi Kalsel.

"Kami ingin memaksimalkan peran Bank Kalsel dalam mendukung pengembangan sektor ekonomi dalam berbagai bidang, baik infrastruktur maupun industri," katanya.

Menurut Agus, kawasan industri Jorong yang ada di Kabupaten Tanah Laut dan kawasan industri Tanah Bumbu, akan dijadikan satu unit pengembangan Bank Kalsel.

Baca juga: Pemprov dorong percepatan kawasan industri Batulicin

"Kami bukan hanya berperan dalam pengembangan Bandara Syamsuddin Noor yang kini dalam proses pembangunan untuk menjadi bandara internasional, tetapi juga kawasan industri Jorong dan Batulicin yang sedang terus dikembangkan, akan dijadikan salah satu unit pengembangan Bank Kalsel," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan kawasan ekonomi Jorong kini telah ditetapkan sebagai Program Strategis Nasional (PSN), merupakan salah satu kawasan cukup penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kalsel di masa depan.

Selain telah menjadi PSN, yang artinya bakal menjadi salah satu fokus pembangunan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan infrastruktur, potensi yang akan dikembangkan juga sangat bagus dan menjanjikan.

Beberapa potensi yang bisa dikembangkan di kawasan tersebut antara lain, industri sektor pertambangan dan turunannya, industri perkebunan sawit dan karet, serta beberapa potensi pendukung yang bakal menjadi andalan Kalsel.

Salah satu infrastruktur yang kini sedang dibangun, kata Fajar, adalah Pelabuhan Swarangan yang akan bermanfaat untuk mendukung arus transportasi dan pengangkutan hasil industri, untuk dikirm ke berbagai daerah bahkan negara lain.
Baca juga: Pemkab upayakan pembangunan kawasan industri Jorong


Melalui pembangunan kawasan ekonomi Jorong, maka sektor industri terutama industri tambang dan perkebunan juga akan tumbuh pesat dan menghasilkan dampak ikutan cukup besar bagi masyarakat Kalsel.

"Kalau sebelumnya, Kalsel mengirim berupa bahan mentah, dengan ditetapkannya PSN kawasan industri Jorong dan Batulicin, maka barang yang dikirim dari Kalsel harus berupa bahan jadi," katanya.

Pemerintah pusat telah menetapkan empat PSN sebagai fokus pembangunan nasional di Kalimantan Selatan, yang akan menjadi tonggak pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

Empat program PSN tersebut yaitu, Bandara Syamsudin Noor, Bendungan Pipitak Jaya Tapin, Kawasan Ekonomi Jorong dan Kawasan Ekonomi Batulicin yang kini seluruh program tersebut sedang dalam proses pembangunan.

Melalui empat PSN tersebut, kata Fajar, maka ekonomi Kalsel yang awalnya 80 persen bergantung pada sektor pertambangan, menjadi bertumpu pada sektor industri dan pertanian.

Baca juga: Pengembangan Kawasan Industri Jorong Terkendala Lahan
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019