Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengingatkan Program studi (Prodi) yang kini sudah terakreditasi A agar bisa mempertahankan status unggul.

"Prodi harus mulai menghitung, sehingga saat proses akreditasi ulang, nilai cukup untuk mendapat akreditasi unggul," terangnya.

Untuk itulah, dia menyampaikan agar prodi mempersiapkan proses akreditasi ulang dengan baik, jangan sampai akreditasi yang tadinya sudah A menjadi B bahkan C. Apalagi kedepannya akreditasi berubah menjadi unggul, baik dan cukup baik.

Baca juga: Bekas tambang jadi sasaran ULM

Salah satu upaya mendorong akreditasi unggul, kata Sutarto,  adalah dengan mengadakan program visiting profesor dengan universitas lain. Kegiatan ini akan memberikan nilai positif bagi prodi maupun profesor.

Sementara Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) ULM Prof Dr Ir Muhammad Ahsin Rifa’i saat workshop “Persiapan Reakreditasi Program Studi Terakreditasi A (Unggul)” berharap, standar fakultas dan standar jurusan sudah bisa disetujui dalam waktu dekat. Dari situ baru bisa menyusun indikator utama dan indikator tambahan.

"Matrik penilaian baru membuat kita belum berpengalaman dalam menyusun borang ini, tapi kita bisa bersama menyusun borang," bebernya.

Baca juga: ULM buka jalur khusus penghafal Alquran

Ahsin melihat tantangan yang berat dalam penilaian baru adalah luaran dan hasil kerja mahasiswa. Hal ini akan menjadi tugas berat Wakil Dekan Tiga dalam menyusun program yang mendukung mahasiswa dan prodi.

Selain itu, LPM akan melakukan audit sarana dan fasilitas yang dimiliki prodi. Harapan Ahsin sama seperti harapan Rektor, agar tidak ada prodi turun akreditasinya karena matrik baru penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Baca juga: ULM dampingi DPR RI tinjau budi daya lahan gambut terintegrasi

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019