Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kotabaru periode 2018-2022 secara resmi dilantik oleh Pengurus Daerah Kalimantan Selatan, Surya Wahyudi, dengan struktur Ketua dijabat oleh Muhammad Ukas dan Sekretaris Akhmad Saleh.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, H Akhmad Rivai mengatakan,  Apoteker perlu pengenalan organisasi sejak awal.
Baca juga: Siswa SMPN 7 Kotabaru Kalsel tempati bangunan darurat
"Agar keberadaan organisasi menjadi pengetahuan pokok bagi setiap Apoteker, mengingat menumbuhkan rasa memiliki organisasi adalah keharusan sehingga peran fungsi organisasi akan terus melekat dalam setiap aktivitas praktek profesi," ujar Akhmad Rivai.

Menurutnya, Apotek mempunyai fungsi utama dalam pelayanan obat atas dasar resep dan yang berhubungan dengan itu, serta pelayanan obat tanpa resep yang biasa dipakai di rumah.

Dalam pelayanan obat ini lanjut dia, Apoteker harus berorientasi pada pasien atau penderita, apakah obat yang diinginkan pasien tersebut dapat menyembuhkan penyakitnya serta ada tidaknya efek samping yang merugikan.

Dalam menjaga dan memajukan kesehatan, kekuatan mental dan fisik rakyat adalah pemberian informasi yang cukup mengenai obat pada orang yang memerlukan informasi oleh orang yang dalam kedudukannya cakap memberikan informasi tersebut.
Baca juga: DPRD gelar Bimtek gandeng ULM

Oleh karena itu, dalam rangka menyiapkan Apoteker yang profesional, memiliki kesejawatan yang tinggi dan inovatif serta berorientasi ke masa depan perlu dilakukan pembinaan terhadap anggota sejak mulai menjadi Apoteker, karena hal tersebut adalah bidangnya dan menjadi tanggung jawabnya .

Pada kesempatan tersebut, Akhmad Rivai mengingatkan setiap ada persoalan dan permasalahan baik internal organisasi maupun kedinasan agar Pengurus Cabang IAI Kotabaru dapat memfasilitasi anggota dan menyelesaikannya secara musyawarah kalau perlu melibatkan SKPD terkait.

Hadir dalam pelantikan, Pengurus Daerah IAI Kalimantan Selatan Surya Wahyudi, Perwakilan BPOM Tanah Bumbu, Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, dan Anggota IAI Kotabaru.
Baca juga: Indocement latih UMKM di Kotabaru


 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019