Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu terus mendorong dan mendukung Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, untuk mensukseskan wacana pemindahan ibu kota negara ke "Bumi Bersujud".

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Hasanuddin, di Batulicin, Selasa, mengatakan legislatif akan terus mendukung dan membantu Pemprov Kalsel terkait administrasi apabila nantinya diperlukan.

"Kalau nantinya DPRD akan dilibatkan oleh pemprov terkait adminstrasi dan lain sebagainya kami siap membantu sesaui dengan kapasitas dan wewenang Legislatif," katanya.

Dia mengatakan, dari beberapa daerah di Pulau Kalimantan yang menjadi pilihan untuk dijadikan tempat pemindahan ibu kota negara, pemerintah daerah sangat optimis Tanah Bumbu akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah dilakukan pertemuan dan dialog nasional antara Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dengan Bappenas di kota Banjarbaru, pihaknya sangat optimis Tanah Bumbu terpilih menjadi ibu kota negara karena banyak kelebihan yang dimilik daerah tersebut.

kelebihan dimiliki Kalsel seperti luasan lahan 30 ribu hektare yang sudah disiapkan dua titik dan memenuhi syarat luasan lahan untuk mencakup keseluruhan lahan bagi ibu kota.

Kelebihan lain, umur bebatuan bumi Kalimantan termasuk wilayah Kalsel mencapai 250 juta tahun sehingga bebas gempa dan gunung api yang relatif jauh dari bencana alam maupun bencana lainnya. 

"Kami sebagai legislatif terus mendorong dan mendukung pemerintah daerah untuk mensukseskan rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu," tuturnya.

Untuk selanjutnya DPRD akan terus melakukan koordinasi ke pusat terkait wacana tersebut.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019