Tim Barito Putera berhasil menundukan tim tamu Bali United dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan Shopee Liga I di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Ahad malam. 

Gol semata wayang tim berjuluk Laskar Antasari itu dicetak melalui sundulan kepala penyerang Rafael Silva menit ke-80 setelah mendapat umpan tendangan bebas dari Rizky Rizaldi Pora. 

Sementara, satu gol balasan Bali United menit ke-83 yang disarangkan William Pacheco setelah terjadi kemelut di gawang Barito, dianulir wasit setelah terjadi pelanggaran terhadap kiper Aditya Harlan. 

Setelah gagal membobol gawang Barito, Pacheco mendapat kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-87 sehingga harus keluar lapangan setelah mengganjal Gavin Kwan.

Baca juga: Empat pemain Barito masih di timnas menjelang derby

Pertandingan yang disaksikan sekitar 15 ribu penonton di stadion kebanggaan masyarakat Kalsel itu berjalan dalam tempo sedang dan masing-masing tim meski saling menyerang tidak berbuah gol. 

Bahkan, selama 20 menit babak pertama tidak ada serangan yang mengancam gawang kedua tim dan serangan baru dibangun mulai menit ke-25 meski pun tidak ada yang berbuah gol. 

Tepat menit ke-25 tendangan Rafael meleset ke sebelah kiri gawang Bali United yang dikawal Hendrawan dan dibalas Bali United menit 32 melalui kemelut yang terjadi depan gawang Barito namun tidak terjadi gol. 

Satu menit kemudian, tendangan pemain Barito Paulo Sitanggang mengarah ke gawang tetapi berhasil ditepis kiper Bali United dan setelah itu tidak satu pun peluang tercipta hingga babak pertama imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, baik Barito maupun tim tamu meningkatkan tempo serangan sehingga membuat penonton bersemangat melihat jalannya pertandingan yang dilakoni kedua tim besar tanah air itu. 

Namun, hingga menit ke-77 tidak satu pun gol tercipta meski pun sempat terjadi kemelut di depan gawang Bali United tetapi tidak membuahkan hasil bagi tim tuan rumah yang diasuh Yunan Helmi itu. 

Baca juga: KONI gelar pertandingan persahabatan Barito Putra-Persetala

Kemenangan kandang akhirnya berhasil diraih Barito menit ke-80 berawal dari tendangan bebas Rizky Pora mengarah ke Rafael yang tepat di depan gawang dan menyundulnya ke sudut kanan kiper Hendrawan.

Selang tiga menit kemudian terjadi kemelut di depan gawang Barito dan bola sempat masuk tetapi gol itu dianulir wasit karena sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap kiper Aditya yang berusaha menepis bola.

Wasit yang memimpin pertandingan bertindak tegas menit ke-87 dengan memberikan kartu merah kepada Pacheco dan empat kartu kuning kepada pemain Bali United lainnya serta satu kartu bagi pemain Barito. 

Pelatih Barito Putera Yunan Helmi mengaku puas atas kemenangan yang diraih anak asuhnya meski pun dengan skor tipis namun memberi semangat baru untuk menjalani laga selanjutnya. 
Baca juga: Barito kalah dari Kalteng Putra 1-2 di pertandingan derby Kalimantan
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019