Dengan raihan kursi terbanyak pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019, sebanyak enam kursi dari 25 kursi tersedia, DPD Golkar Balangan, berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Balangan, disusul PPP yang meraih lima kursi.

Disampaikan Ketua DPD Golkar Balangan, H Ansharuddin yang saat ini menjabat sebagai Bupati Balangan membeberkan, bahwa sesuai kesepakatan internal DPD Golkar setempat, yang bakal duduk sebagai ketua DPRD adalah peraih suara terbanyak.

"Memang sebelumnya sudah ada kesepakatan dalam internal Golkar, bahwa yang akan duduk di kursi ketua DPRD nanti adalah peraih suara terbanyak," ungkapnya.

Namun begitu lanjutnya, ada beberapa pengecualian, yakni apabila peraih suara terbanyak tidak bersedia atau ada hal-hal lainnya yang membuat ia tidak menyanggupi duduk sebagai ketua DPRD, maka akan diserahkan kepada peraih suara terbanyak kedua.

"Seperti diketahui bahwa peraih kursi terbanyak di DPD Golkar pada Pileg kemarin adalah Bahrul Ilmi, dan suara terbanyak ke dua adalah Ahsani Fauzan," bebernya.

Dan terkait nama calon Ketua DPRD Periode 2019-2024 yang telah disepakati di DPD Golkar Balangan, yakni suara terbanyak ke dua, Ahsani Fauzan, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019