Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengungkapkan,  sesuai dengan tema peringatan tahun 2019, maka sudah jelas pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga merupakan  mitra kerja pemerintah yang notabene merupakan wadah pembinaan keluarga.


“Sebagai kepala daerah, saya sangat berharap agar PKK bukan sekedar label sebuah organisasi yang hanya diisi kegiatan seremonial belaka. Tetapi benar-benar memiliki program kerja yang semakin selaras dengan kemajuan jaman dan program pemerintah,” kata Bupati Tanah Laut H Sukamta, pada peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 Tahun 2019, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (9/7).
Bupati Tanah Laut H Sukamta menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 Tahun 2019, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (9/7).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.
Sukamta  berharap, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tidak hanya sekedar kesenangan sesaat, akan tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur untuk kiprah PKK dalam keluarga maupun masyarakat.

"47 tahun bukanlah perjalanan singkat untuk menoleh kiprah PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembinaan keluarga. Sudah banyak yang dilakukan PKK dalam mendukung dan melaksanakan program kerja pemerintah,"ungkapnya.

Untuk itulah, dia menekankan, agar semua pihak mendukung gerakan PKK, terutama unsur penyelenggara gerakan PKK di semua tingkatan.

"Mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa wajib mendukung gerakan PKK,"ujarnya.

Bupati menambahkan, sudah cukup efektif peran aktif PKK dengan 10 program karena sudah sangat teruji dalam menghadapi persoalan di tengah masyarakat.

“Terus pertahankan semangat Tim Penggerak PKK. Harapan pemerintah, PKK bisa menjadi motor penggerak utama untuk menciptakan keluarga yang berkualitas,”tegasnya.

Sepuluh program pokok PKK, lanjutnya, sudah berisikan kebutuhan dasar manusia, dimana  Pancasila sebagai dasar falsafah bangsa telah dipilih sebagai nomor pertama dalam program pokok tersebut.

"Sementara sembilan program pokok lainnya saling berkaitan satu sama lain dalam menciptakan keluarga sejahtera,”tegasnya.

Dia juga berharap Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah mampu menjalankan kewajiban untuk secara konsisten mengiring dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

“Keluarga juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti luas. Khususnya dalam hal memilih informasi yang baik dan benar dengan yang hoaks,” tandasnya.
 
Dalam rangkaian acara itu, Tim Penggerak PKK Tanah Laut menggelar lomba penyuluh PKK tertib administrasi dan lomba yel-yel.

Selain itu, seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanah Laut  menggelar produk hasil dari UP2K PKK.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari Ita Widyaningsih, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Laut, para camat, perwakilan organisasi wanita dan  seluruh pengurus Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Tanah Laut.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 Tahun 2019, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (9/7).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019