Sebanyak 20 orang warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti pelatihan teknik otomotif roda empat (mobil bensin) berbasis masyarakat, yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil  dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten HSS dan dibuka Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnakerkop UKP HSS Fatah Amin, di Kandangan, Kamis (4/7), mengatakan para peserta pelatihan ini berjumlah 20 orang, yang mana proses perekrutan peserta ini melalui seleksi tes tulis dan wawancara yang telah diikuti sebnyak 40 orang, dengan menghasilkan 20 orang peserta yang lulus seleksi.

Baca juga: HSS gelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula

"Para peserta eserta pelatihan berasal dari enam  orang dari Kecamatan Kandangan‚ empat orang Kecamatan Sungai Raya, emapat orang Kecamatan Padang Batung, dua orang Kecamatan Simpur‚ dua orang Kecamatan Angkinang dan dua dari Telaga Langsat," katanya, saat menyampaikan laporan bertempat di Aula Wira Disnakerkop UKP HSS.

Dijelaskan dia, maksud pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pencari kerja, serta tujuan dengan diberikannya pelatihan ini dapat mempraktekannya di luar sehingga dapat mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah dan pihak swasta dalam mencari lowongan pekerjaan.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan pelatihan ini sebagai bagian dari realisasi dari janji politik yang disampaikan pihaknya pada waktu kampanye, dan tentu berharap karena angka pencari kerja di HSS juga tinggi, dengan ada kegiatan pelatihan ini setidak-tidaknya mereka yang selama ini mencari kerja ada keyakinan untuk memperoleh pekerjaan.

Baca juga: Sasmi : Tidak ada pengaduan perusahaan di HSS tidak membayar THR

Kegiatan ini dalam dalam bentuk praktek lapangan dan setelah ini mereka bisa mengaplikasikan seperti untuk membuka bengkel, walaupun peralatan ternyata masih belum ada maka nanti pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak, mungkin juga dari dana CSR maupun dari dana APBD.

"Agar mereka tidak hanya memiliki keterampilan tapi selain benar-benar bisa berusaha secara maksimal di lapangan," katanya, saat memberikan sambutan didampingi Kepala Disnakerkop UKP HSS Sasmi Rifani.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019