Dalam pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, Polda Kalimantan Selatan menekankan penguatan pelayanan berbasis elektronik.

"Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Peningkatan Profesionalisme Polri Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, saya ingin seluruh pelayanan Kepolisian menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Yazid, sistem pemerintahan berbasis elektronik atau e-Government, menjadi bagian dari upaya reformasi sistem dan pola kerja di tubuh Polri.

"Pelayanan secara elektronik ini diharapkan sejalan dengan perubahan karakter dan mentalitas personel anggota Polri," tutur jenderal polisi bintang dua itu.

Adapun manfaat langsung dari penerapan pelayanan berbasis teknologi informasi tersebut, tambah Kapolda, tentunya dapat mempersingkat waktu dan mempermudah proses pelayanan yang dirasakan masyarakat.

"Dan yang lebih terpenting lagi dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan Kepolisian. Apalagi Polda Kalsel dan Polres jajaran sudah menerapkan zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani," katanya menekankan.
Para pejabat utama Polda Kalsel saat mengikuti Musrenbang 2019. (antara/foto/firman)
Di sisi lain, Musrenbang diharapkan Kapolda dapat menjadi wadah untuk membahas kebijakan dan strategi dalam pelaksanaan tupoksi Polda Kalsel, khususnya prioritas di bidang keamanan guna mendukung rencana kerja pemerintah (RKP) 2020 serta program prioritas Kapolri.

Kegiatan yang digelar Biro Perencanaan Polda Kalsel di Himalaya Ballroom Hotel Banjarmasin International (HBI) itu berlangsung dua hari, yakni 3-4 Juli 2019.

Kepala Biro Perencanaan Polda Kalsel Kombes Pol Iwan Prasodjo mengatakan, Musrenbang merupakan sebuah mekanisme perencanaan untuk mempertemukan usulan atau kebutuhan dengan apa yang akan diprogramkan oleh pemerintah dalam hal ini Polri di Polda Kalsel.

"Hasil dari Musrenbang adalah amanah yang harus dijalankan oleh setiap satker pada tahun berikutnya, sehingga kegiatan Musrenbang Nasional dan Musrenbang Polri dapat saling menguatkan arah, target dan sasaran pembangunan Polda Kalsel pada Renstra Polda Kalsel Tahun 2020-2024," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019