oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melantik pengurus IPHI Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang diketuai Achmad Fikry.

Rilis Bagian Humas Pemkab Banjar yang diterima ANTARA, Minggu, pelantikan ketua IPHI Kabupaten HSS itu dilaksanakan di Pendopo Kantor Pemkab Kandanganm, ibukota kabupaten setempat, Jumat (29/3) malam.

Ketua IPHI Kalsel Khairul Saleh mengungkapkan rasa bangga atas terbentuknya IPHI HSS sehingga bisa bersama mengemban amanah membesarkan organisasi melalui program kerja terukur dan kontribusi nyata bidang sosial .

"Tugas utama IPHI mengemban amanah membesarkan organisasi melalui program kerja mewujudkan pelestarian haji mabrur melalui prilaku sesuai tuntutan agama sejalan dengan visi IPHI, haji sepanjang hayat," ujarnya.

Ia mengharapkan, pelantikan pengurus tingkat kabupaten itu disusul penyusunan dan pelantikan pengurus di tingkat kecamatan sehingga semakin memasyarakatkan program-program yang disiapkan IPHI.

Menurut dia, pengurus IPHI pusat dan daerah terus bersinergi untuk melaksanakan program-program kerja terutama dalam kiprah sosial agar keberadaan organisasi bisa lestari dan dicintai masyarakat.

"Program yang dijalankan antara lain pengembangan ekonomi kerakyatan seperti pendirian koperasi dan UKM, pendirian Rumah Tahfiz Alquran serta membangun sarana kesehatan bagi masyarakat," ungkapnya.

Bahkan, kata dia, dalam rangka menuju kemandirian, pengurus pusat tengah menggalang dana untuk pembangunan Menara Haji di Jakarta dan bagi IPHI daerah yang mau berpartisipasi bisa menghubungi IPHI Pusat.

"Keberadaan Menara Haji itu bisa digunakan pemerintah daerah sebagai penginapan masyarakat maupun bagi jemaah haji dari daerah sehingga bisa nyaman dan tenang," ungkap Khairul yang juga menjabat Bupati Banjar itu.

Ditekankan, peran pemerintah daerah sangat penting bagi kebesaran organisasi IPHI menuju kemandirian sehingga dibutuhkan partisipasi melalui anggaran bantuan sosial melalui anggaran daerah.

Ketua IPHI Kabupaten HSS periode 2013-2018 Achmad Fikry mengatakan siap bekerja keras melaksanakan amanah membesarkan organisasi melalui kebersamaan, kekompakan dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013