Prof H Ahmad Suriansyah diberikan kepercayaan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi untuk menakhodai Pascasarjana. 

Jabatan strategis itupun jadi tantangan baru pria yang akrab disapa Prof Sur itu untuk membuktikan diri jika dirinya layak mengkoordinir seluruh program S2 dan S3 yang ada di ULM.

Sebagai Direktur, Suriansyah ingin menjadikan Pascasarjana ULM berstandar internasional, sejalan status Akreditasi A yang sudah disandang perguruan tinggi negeri terbesar dan tertua di Kalimantan itu.

"Institusi ULM sudah A, kini tugas seluruh akademisi untuk membuktikan diri bahwa penilaian yang diberikan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memang layak dan tepat," kata Prof Sur kepada wartawan usai dilantik di Aula Rektorat ULM di Banjarmasin, Kamis.

Sebagai akademisi bidang ilmu pendidikan, Prof Sur tentu punya komitmen kuat membangun pendidikan bermutu. Begitu pula yang kini ingin diwujudkannya di Pascasarjana ULM.

"Kami berharap seiring majunya perkuliahan S2 dan S3 di ULM, maka lulusan S1 di daerah ini tidak perlu jauh-jauh lagi ingin studi lanjut ke Pulau Jawa. Namun cukup di ULM, lulusannya sudah diakui berasal dari universitas terkemuka dan berdaya saing yang berkelas dunia," tuturnya.
Keputusan Rektor ULM menunjuk Prof Sur dinilai banyak pihak memang sudah tepat. Dimana beberapa program studi yang dipimpinnya berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT. Seperti Program Magister Manajemen Pendidikan dan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).

Bahkan Prof Sur sudah memiliki visi jauh kedepan dengan mempersiapkan PG-PAUD yang merupakan program pencetak guru pra-sekolah itu menuju akreditasi ASEAN.

Pada upacara pelantikan sendiri, Rektor ULM Prof Sutarto Hadi juga melantik sejumlah jabatan lainnya seperti Dekan FKIP, Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Kepala Pusat Pengelola Jurnal dan Penerbitan serta Koorinator ULM di lingkungan Banjarbaru periode 2019-2023.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019