Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta bersama jajaran pejabat lingkup Pemkab Tanah Laut  menggelar malam ramah kepada Ketua Pengadilan Agama Pelaihari H Alpian dan Ketua Pengadilan Negeri  Pelaihari Ita Widyaningsih, di Balairung Tuntung Pandang, Senin (25/6) malam.


Ketua Pengadilan Agama Pelaihari H Alpian mengatakan, pihaknya sangat siap untuk bersinergitas dengan Pemkab Talnah Laut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi  masyarakat.

"Kami sangat siap untuk bersinergi, karena Pengadilan Agama adalah sebuah instansi mengurus manusia sejak lahir sampai meninggal,"ujarnya.

Sementara, Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari Ita Widyaningsih mengaku tugas di Tanah Laut seperti di kampung halamannya sendiri.

"Saya tugas disini merasa di pulau Jawa, banyak orang Jawa disini. Masakannya pun juga banyak masakan Jawa, masyarakat disini juga ramah kepada saya,"ujarnya.

Terpisah, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, baik Pengadilan Negara dan Pengadilan Agama memiliki pernan penting untuk masyarakat Tanah Laut.

Menurut dia, kehadiran Pengadilan Agama di acara Manunggal Tuntung Pandang (MTP)  sangat dinantikan masyarakat.

“Biasanya kalau kita ada acara Manunggal Tuntung Pandang,  Pengadilan Agama sangat dicari karena banyak yang mau mengurus surat menyurat,  misalnya buku nikah, isbat nikah dan lainnya,"terangnya.

Pemkab Tanah Laut, sebut dia,  ingin bersinergi dengan Pengadilan Negeri  Pelaihari, terutama melakukan -penyuluhan hukum di kecamatan dan desa di wilayah Kabnupaten Tanah Laut,  agar masyarakat mengerti hukum,  baik itu tentang permasahan sengketa lahan dan hal lainnya.

Dalam rangkaian acara itu Bupati Tanah Laut H Sukamta mengenalkan para pejabat lingkup Pemkab Tanah Laut  yang berhadir dan  memberikan cinderamata berupa kain jimpit sasirangan dengan motif anggrek khas Tanah Laut  kepada Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari dan Ketua  Pengadilan Agama Pelaihari.

Pada acara itu juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut , Kapolres Tanah Laut  AKBP Sentot Adi Dharmawan, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut Abdul Rahman.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019