Bupati Hulu Sungai Tengah (HST),H A Chairansyah bersama istri, turut ikut senam Germas lansia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019 di Dinas Kesehatan setempat, Rabu (26/6). Dia berharap kepada semua pihak agar lebih memperhatikan keberdaan lansia.

Kegiatan itu juga diikuti oleh para lansia dan kader kesehatan se HST serta dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, dan PKK kabupaten hingga kecamatan.

Menurut Chairansyah, peringatan hari lanjut usia pada hakekatnya adalah momentum bagi semua untuk senantiasa memperhatikan keberadaan para lansia baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatan, kesejahteraan maupun kebutuhan psikologisnya.

"Untuk itu, diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro lansia dalam rangka memberdayakan agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri  sejahtera dan bermartabat di HST," katanya

Pria lulusan APDN tahun 1976 ini juga berharap, program-program yang pro dengan pemberdayaan kesehatan lansia untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya.

"Pemberdayaan masyarakat lansia agar dapat lebih diwujudkan melalui upaya-upaya memasyarakatkan kewirausahaan dan kegiatan-kegiatan kreatif, yang mampu merangsang produktivitas ekonomi para lansia, sehingga mereka ke depannya dapat hidup lebih mandiri dan sejahtera," kayanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lansia, yang selama ini telah menjadi bagian dari masyarakatserta bersama-sama ikut mendukung, melaksanakan, mensukseskan pembangunan.

"Sebagai orang yang telah banyak makan asam garam kehidupan, kiranya sudi untuk menularkan dan mendedikasikan pengalaman demi kemajuan pembangunan di Bumi Murakata," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan HST, Kusudiarto dalam laporannya mengatakan bahwa digelarnya peringatan HLUN di HST ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para lansia yang telah banyak terlibat dalam pembangunan.

Peringatan yang mengambil tema "Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat" itu juga dirangkai dengan pemberian bingkisan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019