Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banjar memberikan pelatihan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkait teknis pembuatan pelaporan keuangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar Asphani di Martapura, Senin mengatakan, pelatihan diikuti puluhan peserta dari 32 desa yang berasal dari beberapa kecamatan. 

"Pelatihan bertujuan agar pengurus BUMDes di Kabupaten Banjar mampu menyajikan laporan keuangan yang akuntabel secara berkala," ujarnya di sela pelatihan di aula dinas setempat.

Ia mengatakan, pelatihan keterampilan manajemen BUMdes angkatan pertama diikuti 96 peserta dari 32 desa pada dua kecamatan yakni Kecamatan Martapura Barat dan Martapura Kota.

Ia mengajak pengurus BUMDes terus bersemangat memajukan badan usaha milik desa dan desa belum mendirikan diharapkan bisa segera membentuknya untuk mendongkrak pendapatan desa.

"Keberadaan BUMdes sangat penting bagi masyarakat desa karena mereka bisa memiliki wadah untuk mengembangkan potensi desanya sehingga masyarakat bisa semakin maju dan sejahtera," ungkapnya. 

Badan usaha milik desa adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola pemerintah desa serta masyarakat desa dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa di wilayahnya. 

Pembentukan BUMDes berdasarkan kebutuhan dan potensi desa dan menjadi badan usaha yang mampu membantu masyarakat dalam segala hal antara lain memenuhi kebutuhan sehari-hari, menjadi peluang usaha.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019