Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS membuka manasik haji massal bagi jamaah calon haji (JCH) Barito Kuala  tahun 2019, di Aula Selidah Kantor Bupati setempat, Selasa (18/6).


Bupati Batola Hj Noormiliyani menyatakan,  sangat menyambut baik dan mengapresiasi  dilaksanakannya manasik tersebut.

Dia menilai,  kegiatan manasik sangat penting bagi para JCH karena bermanfaat untuk menambah dan memberikan pemahaman kepada setiap JCH tentang tujuan utama keberangkatan ke tanah suci.

Selain itu, sebut dia, berguna untuk memberikan pembelajaran yang diharapkan dapat membantu mempermudah dalam menunaikan semua rukun dan tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktik, sehingga dapat mandiri serta mampu melaksanakan seluruh rangkaian dengan lancar, baik dan benar.

Oleh karena itu, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel berharap, para jamaah memanfaatkan kegiatan untuk menimba pengetahuan dan tata cara berhaji sekaligus dapat mempergunakan kesempatan dalam memperluas ukhuwah Islamiyah antar jamaah, sehingga saat berada di tanah suci dapat saling tolong.

“Harapan dan doa saya semoga bapak ibu sekalian senantiasa diberikan kesehatan lahir dan batin serta selalu diberikan jalan kemudahan dalam mengikuti setiap pembelajaran dalam kegiatan manasik massal ini hingga tuntas,” harapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel H Noor Fahmi mengatakan, diberikannya bimbingan manasik kepada calon jamaah haji Batola agar mereka memperoleh pemahaman mendalam tentang perjalanan ibadah haji dengan baik dan benar, sehingga dapat mewujudkan kemandirian dalam beribadah haji.

Sementara, Kakankemenag Batola H Rusbandi mengutarakan, manasik haji bagi CJH Batola tingkat kecamatan  dilakukan di tiga zona masing-masing,  zona 1 bertempat di Kubah Datu Abdus Samad Marabahan yang diikuti JCH Marabahan, Bakumpai, Tabukan, Kuripan, dan Barambai.

Zona 2, jelas dia,  dilaksanakan di Majelis Ihya Ulumuddin Sungai Gampa untuk JCH Cerbon, Rantau Badauh, Belawang, Wanaraya, Mandastana, dan Alalak. Sedangkan zona 3 dilaksanakan di Masjid Adz Dzakirin Anjir Muara untuk JCH asal Anjir Muara, Anjir Pasar, Tamban, Mekarsari, dan Tabunganen.

Rencananya, sebut Rusbandi, kegiatan manasik dimulai minggu keempat Juni hingga minggu pertama Juli 2019.

“Kegiatan manasik di tingkat kecamatan ini merupakan lanjutan manasik massal saat ini. Menurut rencana kegiatannya akan dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan,” tuturnya.

Kemudian, sebut dia, jumlah CJH Batola mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 234 JCH,  terdiri dari 232 reguler dan 2 petugas TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019