Rumor soal siapa kandidat yang ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kalsel untuk periode berikutnya hasil Pemilu 2019 terus bergulir. Sejumlah caleg terpilih peraih suara terbanyak dari Partai Golkar hampir dipastikan menduduki kursi ketua di "Rumah Banjar" itu.

Sebagai peraih suara terbanyak dari seluruh caleg yang bertarung di DPRD Kalsel, H Rusli yang meraih sekitar 51 ribu lebih suara di Dapil Kalsel 2 (Kabupaten Banjar) didukung banyak pihak untuk memimpin parlemen di tingkat provinsi tersebut.

Bahkan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Banjar turut buka puasa dan mengingatkan tagline yang digaungkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni "Suara Rakyat Suara Golkar".

"H Rusli layak dan pantas jadi Ketua DPRD Kalsel karena beliau peraih suara terbanyak dan masyarakat Kabupaten Banjar yang sudah memilih beliau sangat menginginkan hal itu. Aturan harus ditegakkan dan slogan suara rakyat suara Golkar harus dilaksanakan," ucap KH Hasanuddin Badruddin di Martapura, Rabu.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura inipun mengenal betul sosok H Rusli selama dua periode menjadi Ketua DPRD Kabupaten Banjar.

"Beliau orangnya tegas memimpin Dewan, jiwa sosialnya tinggi ke masyarakat dan disukai banyak orang. Kami pun bangga dipimpin beliau saat di Dewan," ungkap KH Hasanuddin yang ditemui di rumahnya Jalan Pintu Air Tanjung Rema Martapura.
Sementara tokoh lainnya di Kota Serambi Makkah, HA Fauzan Asniah juga menyampaikan pernyataan senada. Ketua II Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banjar ini memastikan masyarakat yang mendukung habis-habisan H Rusli karena ingin sang wakil rakyat bisa jadi ketua dengan raihan suara terbanyak.

"Jadi ada kebanggaan tersendiri buat masyarakat yang memilih Haji Rusli. Apalagi suara rakyat suara Golkar, maka sangat tidak etis kalau Haji Rusli suaranya terbanyak tidak jadi ketua. Masyarakat Kabupaten Banjar akan sangat kecewa," tegasnya.

Fauzan pun menegaskan jika kredibilitas H Rusli tidak perlu diragukan lagi. Dimana dia memiliki sifat sosial yang tinggi, apalagi sektor keagamaan yang dilakukan masyarakat selalu didukung dan dibantu.

"Beliau menjadi wakil rakyat bukan untuk mencari uang, tetapi mengabdi untuk masyarakat melalui jalur legislatif," pungkasnya.

Diketahui selain H Rusli, nama lain yang disebut-sebut jadi kandidat kuat jadi Ketua DPRD Kalsel, yakni Hasanuddin Murad yang meraih 41 ribu lebih suara di Dapil Kalsel 3 (Kabupaten Barito Kuala) serta H Supian HK yang perolehan suaranya masih jauh di bawah kedua koleganya itu. 

Kini keputusan siapa yang akan diajukan memimpin DPRD Kalsel ada di tangan H Sahbirin Noor sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kalsel.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019