Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong membentuk rumah konservasi anggrek dengan menggandeng Kelompok Tani Hutan Bunga Sari Desa Garagata Kecamatan Jaro.

 Kepala Seksi Pemanfaatan KPH Tabalong Aidil Fahruraji mengatakan Rumah Konservasi ini untuk memperbanyak dan melestarikan jenis anggrek yang ada di kabupaten Tabalong.

 "Rumah konservasi anggrek ini bagian dari pengelola Hutan Kemasyarakatan di Desa Gragata," jelas Aidil. Jenis anggrek ini sendiri diambil dari kawasan hutan dan sekitar wilayah pengelolaan KPH Tabalong seperti anggrek bulan dan anggrek hitam.

Ada beberapa jenis anggrek yang di ambil dari kawasan Pegunungan Meratus dengan jenis sangat bervariasi.

"Anggrek ini akan kita budidayakan dan lestarikan agar spesies yang ada di Tabalong dapat terjaga kelestariannya," jelas Aidil.

Bukan hanya untuk kelestarian saja, ke depan KPH Tabalong dan Kelompok Tani Bunga Sari akan menjadikan rumah konservasi sebagai sumber penghasilan warga lokal.

Sejumlah anggota kelompok tani pun sangat senang dengan adanya rumah anggrek ini karena selain menyalurkan hobbi mengoleksi keberadaan anggrek bisa menghasilkan rupiah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019