Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan melaksanakan patroli kesehatan di titik-titik arus mudik untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pemudik dan juga petugas yang berjaga.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim mengatakan, pihaknya terus melakukan himbauan mudik sehat agar pemudik aman, lancar dan selamat selama di perjalanan.

"Selain memberikan pelayanan kesehatan seperti cek kesehatan, petugas juga menyampaikan tips-tips mudik sehat yang diharapkan bisa diikuti masyarakat," terang Erwinn di Banjarmasin, Selasa.

Diingatkan kepada pemudik jalur darat yang akan melakukan perjalanan jauh baik menggunakan motor ataupun mobil agar memperhatikan betul kemampuan diri atau kondisi kesehatan si pengemudi.

Kemudian membawa obat-obatan seperlunya serta air mineral untuk persediaan minum di jalan agar tidak dehidrasi dan berhenti di rest area maksimal setiap dua jam atau saat merasa lelah ataupun mengantuk.
Bid Dokkes secara khusus juga menyasar para sopir angkutan umum di terminal-terminal untuk dilakukan tes urine guna mengetahui ada atau tidak penggunaan narkoba dan sejenisnya.

"Kita ingin menjamin keselamatan penumpang yang dimulai dari diri sopir untuk bebas narkoba dan alkohol," jelas Erwinn menekankan.

Sedangkan terhadap para petugas yang berjaga di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Posko Operasi Ketupat Intan Tahun 2019, turut dicek kondisi kesehatannya.

Sebagai bekal obat-obatan, Bid Dokkes memberikan kotak P3K beserta kelengkapan isinya agar bisa digunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

"Terlepas dari segala ikhtiar kita untuk selamat mudik sampai ke kampung halaman, hal paling utama adalah doa memohon keselamatan dari Sang Maha Kuasa Allah SWT. Semoga momen arus mudik Lebaran tahun ini lancar tanpa ada kejadian menonjol hingga terjadinya fatalitas akibat kecelakaan berkat semua pemudik mematuhi aturan berlalu lintas dan himbauan petugas di lapangan," pungkas Erwinn.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019