Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Ahmad Chairansyah bersama Forkopimda berbuka puasa bersama dengan warga binaan rumah tahanan (rutan) kelas II B Barabai, kamis (30/5).

Bupati mengatakan, buka bersama kali ini termasuk yang istemewa, karena bisa bersama sama dengan seluruh keluarga rutan.

Dia berpesan kepada seluruh warga binaan agar tetap sabar dalam menjalani kehidupan dalam rumah tahanan, terlebih dalam menjalani ibadah puasa dan Insyaallah pada saatnya nanti akan terjadi perubahan positif jika sudah berada di tengah tengah masyarakat.

Menurutnya, yang tak kalah pentingnya sewaktu menjalankan binaan agar selalu tertib dan lancar serta melakukan sinergi sehingga tercipta rasa aman dan nyaman.

"Karena semua akan dinilai oleh pembina dan karena itu marilah berperilaku baik sesuai ketentuan," harapnya.

Chairansyah juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada seluruh warga binaan dan keluarga yang hadir pada acara buka puasa bersama tersebut.

Sementara kepala Rutan kelas II B Barabai Agung Suprianto menjelaskan, bahwa ada 236 warga binaan di tempatnya. 

Terdiri dari 39 orang yang berstatus tahanan dan 197 nara pidana. Akan tetapi tidak ada penghuninya wanita dan anak anak.

 Dia juga menghimbau, agar jangan sekali-kali percaya terhadap orang yang tidak bertanggung jawab terhadap pengurusan pembebasan bersyarat.

Menurutnya semua pelayanan di Rutan kelas II B Barabai gratis.

"Selama bulan ramadhan tahun ini banyak kegiatan yang dilaksanakan, seperti shalat berjamaah dan shalat tarawih secara rutin, tadarrus qur'an baik malam maupun siang hari dan pesantren kilat selama tiga hari," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019