Rencana pemindahan Tempat Pembuangan Akhir dari lokasi lama ke Desa Bongkang Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong belum bisa direalisasikan meski pembangunan TPA baru sudah rampung.

Kepala Bidang Persampahan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Fairuzi mengatakan akhir 2018 pembangunan TPA baru di Desa Bongkang sudah selesai.

 "Karena masih tahap pemeliharaan jadi TPA Bongkang belum bisa dimanfaatkan," jelas Fairuzi. Selain itu pemindahan TPA lama Desa Maburai Kecamatan Tanta juga menunggu berita acara penyerahan.

Fairuzi menjelaskan TPA yang baru ini diperkirakan bisa menampung sampah di Kabupaten Tabalong sampai 2025.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat Rowi Rawatianice mengatakan pembangunan TPA Desa Bongkang Kecamatan Haruai mendapat dukungan dana APBN maupun APBD.

Jika TPA lama masih menerapkan sistem open dumping maka di TPA Bongkang akan dikelola secara sanitary land field. Sementara fasilitas TPA yang telah rampung pembangunannya yakni installasi limbah dan jalan untuk operasional.

Wakil Bupati Tabalong Mawardi sebelumnya meninjau lokasi TPA Bongkang untuk memastikan kesiapan sebagai tempat pembuangan akhir yang baru.

 "TPA lama di Desa Maburai sudah tidak mencukupi lagi menampung sampah karena itu perlu lokasi baru," jelas Mawardi.

Mengingat keberadaan TPA menjadi salah satu titik pantau dalam penilaian Adipura.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019