Bupati Banjar Khalilurrahman menginginkan Kecamatan Gambut tetap menjadi kindai limpuar atau lumbung padi yang bisa memenuhi kebutuhan beras baik di Kalimantan Selatan maupun daerah lain. 

"Sebutan Kecamatan Gambut sebagai kindai limpuar Kabupaten Banjar harus mampu dipertahankan dan potensi pertanian harus terus dikembangkan," ujar bupati di sela safari Ramadhan, Sabtu. 

Ia mengatakan, Pemkab Banjar sudah menyiapkan program bidang pertanian khusus wilayah Kecamatan Gambut berupa pengembangan kawasan strategis Gambut 1 dan 2 untuk peningkatan produksi beras. 

Ditekankan, melalui program tersebut produksi beras di wilayah kecamatan yang dikelilingi areal persawahan itu, bisa lebih ditingkatkan sehingga dapat menjamin ketersediaan beras bagi masyarakat Kalsel.

"Selama ini, produksi beras yang berasal dari Kecamatan Gambut mampu memenuhi kebutuhan beras Kalsel dan melalui pengembangan kawasan strategis, produksi beras diharapkan lebih meningkat," ujarnya. 

Dikatakan, program lain yang juga dilaksanakan di Kecamatan Gambut adalah pengembangan jaringan pipa PDAM untuk memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat kawasan setempat. 

"Pemkab Banjar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat termasuk penyediaan air bersih sehingga kebutuhan terhadap layanan dasar yang harus disiapkan pemerintah, bisa terpenuhi," katanya. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019