Pergelaran pasar murah Ramadan 1440 H di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan agak berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya, perbedaan terletak pada produk yang dijual kepada masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj. Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai, Senin mengatakan, pasar murah Ramadan tahun ini juga menjual produk pangan dan cemilan lokal produksi industri rumah tangga seperti kerupuk, sosis dan lainnya.

"Jadi melalui pasar murah Ramadan kita perkenalkan produk industri lokal yang memiliki nilai gizi cukup tinggi karena terbuat dari bahan ikan seperti sosis, nugget, bakso dan kerupuk yang dikemas," ujar Anisah.

Anisah mengatakan, selama ini produk pangan lokal kemasan yang diproduksi industri rumah tangga masih kurang dikenal masyarakat padahal jumlah produk cukup banyak dan beragam.

Melalui moment pasar murah yang diselenggarakan di semua kecamatan dinilai Anisah sebagai sarana cukup bagus untuk mempromosikan produk pangan daerah. 

Harga yang dipatok untuk produk pangan dan cemilan lokal di pasar murah juga sesuai harga produsen dan cukup banyak masyarakat tertarik membeli karena produk seperti bakso, sosis dan nugget memang disukai keluarga.

"Namun produk sosis, nugget dan bakso terbuat dari daging ikan Patin dan Gabus  sehingga bernilai gizi tinggi karena produksi perikanan didaerah kita cukup banyak," tandas Anisah.

Kegiatan pasar murah Ramadan 1440 H  merupakan bentuk operasi pasar Perum Bulog dan Produsen makanan jadi Wings Food bekerja sama dengan Pemerintah Daerah HSU.

Produk-produk yang dijual berupa beras, bawang merah, bawang putih, telor itik, asam jawa, produk pangan, cemilan dan minuman kemasan produksi Wings Food dan lainnya.

Pada kegiatan Pasar Murah di Desa Jalan Lurus Kecamatan Sungai Pandan penjualan telor itik cukup diminati warga padahal wilayah kecanatan ini salah satu penghasil Itik Alabio.

"Berarti produk telor Itik Alabio juga cukup mahal bahkan dikawasan penghasil telor itik itu sendiri," kata Anisah.

Pelaksanaan Pasar Murah di Desa Palukahan pada Selasa kemaren menjadi rangkaian terakhir pelaksanaan pasar murah Ramadan, rencananya besok (Minggu) dilaksanakan Pasar Murah yang dilaksanakan Pemprov Kalsel di Desa Pihaung Kecamatan Haur Gading.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019