Bupati Banjar Khairul Saleh memberikan apresiasi yang tinggi atas program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengedepankan sikap peduli dan berwawasan lingkungan disamping program bernuansa islami.

"Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya bagi lembaha PAUD yang menjalankan program peduli dan berwawasan lingkungan sehingga bisa menanamkan sikap positif itu sejak usia dini," ujarnya di Martapura, Selasa (19/2).

Ia mengatakan hal itu saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar bagi Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) Peduli Lingkungan sekaligus Pelantikan Bunda PAUD Kecamatan di Mahligai Sultan Adam Martapura.
Menurut dia, anak yang masih berada di jenjang usia dini sebaiknya otak mereka jangan terlalu diporsir tetapi biarkan berimajinasi, bercengkrama dan bermain karena bisa membangun kreativitas dan merangsang saraf motorik.
"Anak-anak jangan dibebani dengan keharusan bisa membaca atau menghitung karena usianya masih diisi dengan keceriaan di usia pra sekolah sehingga mereka bisa mengembangkan kreativitasnya," ungkap dia.
Terkait program PAUB berwawasan lingkungan, ia menyisipkan intisari Hadits Rasulullah yang melarang tindakan pencemaran lingkungan seperti tidak buang hajat di air yang tidak mengalir, di pinggr jalan dan dibawah pohon.
Sementara Bunda PAUD Kabupaten Banjar Raudhatul Jannah berpesan wawasan lingkungan yang diberikan kepada anak usia dini harus dikemas ringan dan menarik, tanpa mengesampingkan kesempatan mereka untuk terus bermain.
"Pada guru dan orang tua kami minta juga memantau perkembangan dan tindakan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari termasuk peduli lingkungan seperti menanam dan merawat pohon," ujarnya.
Kegiatan itu juga diisi penandatanganan Nota Kesepahaman antara Ketua PKK Kabupaten Banjar dengan Kepala SKPD terkait PAUD Peduli Lingkungan dilanjutkan pemasangan Selendang Bunda PAUD para Ketua TP/PKK kecamatan.
Ketua Pelaksana Kegiatan Rusydah Faisal menyampaikan, kegiatan diikuti 100 peserta yang merupakan pendidik PAUD se Kabupaten Banjar dengan tujuan agar lebih berkompeten dan memberikan pemahaman  dan menciptakan perilaku anak usia dini untuk berjiwa Islami, mencintai alam serta peduli lingkungan. Yose Rizal

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013