Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H  A Chairansyah atas nama pemerintah dan masyarakat Bumi Murakata mengucapkan belangsungkawa atas wafatnya ulama besar Indonesia KH Muhammad Arifin Ilham di Penang, Malaysia, Rabu (22/5) sekitar pukul 23.20 waktu setempat.

"Kita merasa sangat kehilangan dengan perginya ulama yang sudah menjadi aset dan kebanggaan bangsa Indonesia ini serta teladan kita semua, apalagi beliau  termasuk keturunan warga Barabai," kata Bupati.

Ustadz Arifin Ilham sendiri semasa hidup kerap datang berdakwah di HST dengan memimpin zikir bersama dan tablig akbar sekaligus beliau bersilaturahmi dengan keluarganya di Barabai.

"Lantunan zikir yang beliau pimpin mampu menggetarkan dan menyentuh kalbu, hatipun menjadi  lembut dalam lautan kenikman dzikrullah," ujar Ramadhan salah seorang warga Barabai yang mengaku pernah mengikuti dzikir yang dipimpin oleh ulama kondang tersebut.

Demikian pula saat memberikan tausiah,  menurut Ramadhan, nasihat pencerahan yang diberikan oleh ustadz Arifin Ilham dengan suara serak nan berwibawa ini begitu menghujam ke dalam hati.

"Kita pernah mendengan wasiat beliau agar jemaah berbakti kepada orang tua, tidak meninggalkan shalat tahajjud dan tidak lepas wudhu dalam kondisi apapun," katanya.

Tauladan lain dari almarhum semasa hidup yang dikenang warga Barabai adalah gemar  bersilaturahmi dengan keluarganya di Barabai.

"Sesibuk apapun ulama yang masih keturunan ke tujuh dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ini selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan keluarganya di sela dakwah di HST," kenang Ramadhan. 

Selamat jalan KH Muhammad Arifin Ilham, semoga Allah memberikan tempat terbaik surga di sisiNya, perjuangan dakwahmu akan selalu dikenang umat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019