Foto bersama Perum LKBN Antara Biro Sumut bersama mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, didepan kantor LKBN Antara
Biro Sumut, Jalan Raden Saleh Medan, Selasa (21/5). (Antara Sumut / Nur Aprilliana Br Sitorus)


Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara menerima kunjungan dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Selasa sebagai bagian dari kerja sama yang terjalin selama ini.

Kunjungan puluhan mahasiswa semester 2 Polbangtan Medan tersebut dilakukan dalam rangka praktik lapangan mata kuliah Komunikasi Pertanian, dan mendapatkan pengetahuan mengenai komunikasi oleh Perum LKBN Antara.

Yusra Muharami Lestari selaku perwakilan Politeknik Pembangunan Pertanian Medan sekaligus dosen pembimbing dalam sambutannya mengatakan, melalui kunjungan tersebut diharapkan mendapat pengetahuan serta pemahaman mengenai komunikasi dan proses implementasi suatu pemberitaan.

Pentingnya pemahaman mengenai informasi, dilatarbelakangi salah satu faktornya adalah jurusan yang diambil oleh siswa-siswi tersebut.

"Jurusannya adalah penyuluhan pertanian berkelanjutan, diharapkan nantinya profil daripada anak-anak ini akan menjadi penyuluhan profesional. Dan ketika melakukan penyuluhan diperlukan pengetahuan terkait komunikasi, dan kami rasa bisa mendapatkan ilmu tersebut melalui kantor berita Antara," katanya

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala LKBN Antara Biro Sumatera Utara Riza Muliadi. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini Antara menyambut baik apabila ada kunjungan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi. Dalam hal ini mahasiswa dapat mengenal lebih jauh fungsi dan peran Antara sebagai Kantor Berita Indonesia.

"Bahagia sekali rasanya mendapat kesempatan dikunjungi oleh adik-adik dari Polbangtan, dimana selama ini sudah terjalin sebuah sinergi atau kerjasama antar kedua belah pihak. Ini mungkin salah satu wujud dari kerjasama tersebut," ujarnya

Pada kesempatan tersebut Ia juga menjelaskan sejarah singkat berdirinya Perum LKBN Antara yang merupakan satu-satunya kantor berita milik negara.

Perum LKBN Antara di tahun 2019 ini genap berusia 82 (delapan luluh dia) tahun. Berdiri pada tanggal 13 Desember 1937, dengan para pendirinya empat orang yakni Soemanang, Adam Malik, Sipahoetar, dan Pandoe Kartawigoena.

"Dua dari empat orang pendiri Antara adalah orang Sumatera Utara yakni Adam Malik dan Sipahoter," jelasnya

Selanjutnya pemaparan mengenai pengetahuan komunikasi disampaikan oleh pewarta senior LKBN Antara Biro Sumut Evaluasi Siregar dan Juraidi Tanjung.

Eva menjelaskan bagaimana pentingnya kode etik dalam komunikasi, baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun pada proses pembuatan berita.

Sedangkan Juraidi menjelaskan bagaimana peran penting kantor berita dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Usai memberikan berbagai penjelasan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan diakhir acara penyampaian pesan dan kesan dari Polbangtan Medan.

"Terimakasih atas sambutan dan pengetahuan yang diberikan. Disini kami mendapat sangat pengetahuan dan informasi yang dapat kami gunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun kedepannya," kata salah seorang mahasiswa Polbangtan Hironimus Zai.

Ia berharap, dengan pengetahuan yang disampaikan para pewarta senior LKBN Antara, mampu menjadikan mereka sebagai seorang komunikator yang menyampaikan komunikasi yang akurat.

"Kami juga berharap kedepannya Antara tetap menjadi kantor berita pemerintah yang baik di Indonesia," ujarnya

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019