Kelurahan Birayang terus berbenah dalam rangka mempersiapkan Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di tingkat Nasional.
 
Tim Penggerak PKK kabupaten Hulu Sungai Tengah yang di motori oleh Hj Tintainah Harun Nurasid beserta jajarannya, bersama masyarakat kelurahan Birayang bergotong royong membersihkan lingkungan dan menanam tanaman obat keluarga, di setiap halaman rumah warga.
 
Menurut Tintainah, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan lomba pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga  di tingkat nasional, karena Kabupaten HST berhak mewakili provinsi Kalsel di tingkat nasional, serta mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan tanaman yang berkhasiat untuk dijadikan obat tradisional.
 
“Toga diarahkan kepada masyarakat untuk lebih membudidayakan berbagai jenis Toga yang hasilnya bisa diolah jamu dan obat tradisional,” katanya
 
Lebih lanjut, Tintainah mengharapkan dengan adanya pembenahan ini kelurahan Birayang bisa memanfaatkan Toga dan nantinya mampu bersaing dengan daerah lain di tingkat Nasional.
 
“PKK berusaha mengajak masyarakat bahwa Toga bukan hanya untuk ditanam sebagai hiasan tetapi bagaimana cara pemanfaatannya dan bisa bernilai ekonomis sehingga hasilnya bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga,” terangnya.
 
Dilain kesempatan, Rasmiah salah satu pengurus PKK HST juga mengungkapkan ada beberapa tanaman wajib dimana setiap rumah harus memilikinya yaitu tanaman Sarai, dan tanaman obat lainnya seperti Jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan lainnya.
 
“Adanya tanaman tersebut akan mendukung penilaian lomba pemanfaatan TOGA di tingkat nasional,”katanya.
 
 

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013