Wakil Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan H Husairi Abdi buka puasa bersama keluarga besar Kerukunan Mahasiswa dan tokoh masyarakat HSU di Banjarmasin.

"Pemda berharap kontribusi mahasiswa setelah selesai pendidikan bisa turut membangun banua," ujar Husairi di Banjarmasin, Minggu.

Husairi mengatakan, kualitas sumber daya manusia selalu dibutuhkan untuk meningkatkan pembangunan. Mahasiswa sebagai putra daerah yang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan tentu sangat diperlukan oleh Pemda.

Menurutnya, keahlian dan keterampilan apa pun yang dimiliki mahasiswa-mahasiswi HSU sangat dibutuhkan. Termasuk sumbangsih pemikiran, saran dan kritik bagi peningkatan pembangunan banua tercinta.

"Kami mengharapkan hal apa saja yang perlu dilakukan kedepannya bagi HSU, sesuai dengan pengembangan keahliannya masing-masing, sehingga apa yang kita terima melalui pendidikan dapat memberikan manfaat bagi daerah." kata Husairi.

Kegiatan silaturrahim sekaligus buka puasa jajaran Pemda bersama mahasiswa di Asrama Agung III Banjarmasin turut.dihadiri tokoh masyarakat dan akademisi asal Kabupaten HSU Prof Dr H Ahmad Fahmi Arif, Pengamat Sosial Politik Taufik Arbain serta perwakilan dari DPC KNPI HSU.

Dewan Pembina KM-HSU Banjarmasin Tamjidnor mengingatkan para mahasiswa akan potensi wilayah Kabupaten HSU yang didominasi lahan rawa. Kreativitas dan intelektualitas mahasiswa untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan inovasi sangat diharapkan.

"Ada tugas besar yang menanti kita untuk bisa berperan dalam pembangunan daerah dimasa mendatang," katanya.

Tajuddin ingin memberikan motivasi bagi rekan-rekannya yang tengah menimba ilmu diberbagai perguruan tinggi agar belajar lebih giat  dalam rangka mempersiapkan diri menjadi intelektual muda yang berbakat.

Ketua KM-HSU Ahmad Mahjuni mengungkapkan, disamping kegiatan buka puasa bersama KM-HSU dalam waktu dekat juga berencana akan menggelar Halal Bi Halal dengan Pemerintah Daerah, tidak hanya mahasiswa yang ada di Banjarmasin, akan tetapi juga mahasiswa HSU yang berada Banjarbaru dan Martapura.

"Acara ini direncanakan ketika musim libur semester genap perkuliahan, karena sebagian besar kami mahasiswa pasti pulang ke kampung halaman untuk menikmati masa libur dan berkumpul keluarga." Ungkap ketua KM-HSU yang baru tersebut.

Dirinya juga mengaku sangat bersyukur, bangga dan berterima kasih kepada Pemerintah HSU yang selalu mendukung setiap kegiatan KM-HSU.

Terpisah, Ketua KM HSU Ahmad Mahyuni mengatakan perhatian Pemda HSU terhadap mahasiswa cukup tinggi dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, menyediakan fasilitas bagi sekretariat KM HSU dan pemondokan di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Mahjuni menyebut,  acara buka puasa bersama dengan pemerintah daerah adalah salah satu upaya agar mahasiswa diperantauan bisa bertatap muka dengan pejabat pemerintah daerah.

 "Banyak kawan-kawan mahasiswa yang senang dan antusias datang dari lokasi yang cukup jauh agar bisa bertemu muka dengan Bapak Wakil Bupati," katanya.

Rencananya, lanjut Mahyuni, KM HSU juga akan menggelar acara halal bi halal di Kota Amuntai pada musim libur semester genap dimana banyak mahasiswa pulang kampung.

Dirinya berharap pemerintah daerah  membuka peluang bagi mahasiswa asal HSU  agar nantinya bisa mengabdi di daerahnya sendiri. 

"Kami dari KM-HSU Banjarmasin bersedia dan siap membantu program kerja pemerintah" pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019