Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, dengan tema “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”, di Lapangan Lambung Mangkurat.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Kamis (2/5), mengatakan selamat memperingati Hardiknas kepada insan pendidikan baik pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan sekaligus ucapan terimakasih atas dharma bakti yang selama ini telah diberikan untuk mencerdaskan anak bangsa di HSS.

"Kami berharap pendidikan di Kabupaten HSS semakin maju ke depannya, baik secara kualitas maupun pemerataan mutu pendidikan," katanya, saat mengawali sambutan sebagai Pembina Upacara Hardiknas.

Peringatan Hardiknas tahun 2019 di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 1.013 tenaga pendidik dan kependidikan nonPNS HSS terima BOSDA

Dijelaskan dia, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan hasil akhir pemilu tanggal 22 mei 2019.

Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan.

Terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional  dan amanah dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

"Tema Hardiknas tahun ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Penyerahan hadiah dan penghargaan  (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: BOSDA realisasi janji Achmad Fikry tingkatkan kesejahteraan honorer

Diakhir sambutan, atas nama pemerintah, izinkan pihaknya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang.

Baik untuk para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, para Forkopimda HSS, Ketua TP PKK HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua I TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, para Ketua Organisasi Wanita HSS, para kepala SKPD, camat, serta undangan serta peserta upacara.

Penyerahan hadiah dan penghargaan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019