Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Ahmad Chairansyah mengaku sangat bangga atas torehan prestasi para atlet pelajar yang mampu menempati posisi ketiga pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel yang digelar beberapa waktu yang lalu di Banjarmasin.

"Prestasi ini juga membanggakan seluruh masyarakat Bumi Murakata karena telah mengharumkan nama kabupaten di tingkat provinsi," kata Bupati saat acara silaturahmi dan syukuran bersama kontingen atlet POPDA di Pendopo Bupati setempat (15/3).

Menurut dia, yang lebih berbangga lagi, seluruh atlet merupakan asli pelajar HST, tanpa menyewa atlet luar.

"Prestasi peringkat tiga merupakan kemajuan besar. Karena pada POPDA 2017 HST hanya berada pada peringkat sembilan," katanya.

Dia berharap, agar para atlet lebih giat lagi berlatih dan lebih keras. Karena tantangan berprestasi yang akan dihadapi semakin berat pada turnamen yang lebih tinggi berikutnya.

Chairansyah juga memberi motivasi kepada atlet POPDA untuk bermimpi meraih prestasi tingkat dunia.

"Mereka yang meraih medali Olimpiade pada awalnya juga seperti kalian.  Inti prestasi olahraga adalah berlatih dan terus berlatih. Dengan tekun berlatih lebih keras, mimpi kalian akan tercapai," katanya.

Ketua Umum KONI HST Yajid Fahmi mengharapkan, agar prestasi ini dapat dipertahankan. Karena masih ada ajang olahraga yang lebih tinggi baik tingkat regional seperti Porprov, maupun nasional bahkan internasional.

Selain itu, melalui cabang olahraga di bawah KONI, para atlet akan diberikan pembinaan lanjutan. Sehingga prestasi olahraga HST dapat bersaing dengan kabupaten atau kota lain.

Kepala Disporapar, Wahyudi Rahmat menyebutkan, bahwa peringkat HST pada ajang POPDA tahun 2019 ini memang meningkat pesat daripada sebelumnya.

"Tahun 2017 yang lalu, kita hanya mampu berada diurutan ke Sembilan,  Tahun 2019 ini naik Enam tingkat ke urutan ketiga dengan raihan 17 emas,  Sembilan perak dan 16 perunggu," ujarnya.

Motivasi dan semangat yang digeloran Chairansyah dan Yajid Fahmi ternyata membakar semangat dan tekad atlet POPDA untuk lebih berprestasi. 

"Saya akan berlatih dan berlatih lebih keras lagi untuk meningkatkan prestasi dan mengharumkan HST pada ajang yang lebih tinggi sepertu PORDA atau bahkan PON," ujar Adiansyah atlet yang sukses menyabet Dua emas dari lari 100 meter putra dan lempar lembing.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019