Ketua DPRD : Pembangunan Banjarbaru luar biasa

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Ahmad Rifani Iwansyah menilai, program pembangunan yang direalisasikan pemerintah kota sudah mencapai hasil yang luar biasa dan telah dinikmati masyarakat di kota itu. 

"Pembangunan kota selama masa kepemimpinan Wali Kota Nadjmi Adhani bersama Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan, kami nilai luar biasa. Masyarakat sudah bisa menikmatinya," ujar Ketua DPRD di Banjarbaru, Senin. 

Pernyataan unsur pimpinan DPRD Banjarbaru itu disampaikan usai memimpin sidang paripurna istimewa DPRD dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kota Banjarbaru ke-20 yang diperingati setiap tanggal 20 April.

Menurut dia, pernyataan itu sejalan dengan sejumlah keberhasilan yang disampaikan wali kota sesuai visi - misi mewujudkan Kota Banjarbaru sebagai kota pelayanan berkarakter mengedepankan ciri khas karakter aparatur saat melayani masyarakat. 

Visi itu diterjemahkan dalam 5 misi, pertama mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik, sehat dan berdaya saing serta berakhlak mulia, kedua meningkatkan penyediaan infrastruktur perkotaan yang merata, cerdas dan berwawasan lingkungan. 

Misi ketiga yang ingin diwujudkan adalah memperkuat kemandirian, peningkatan kerjasama, investasi, penyediaan prasarana dan sarana perekonomian, peningkatan kelembagaan serta eluang kewirausahaan.

Misi ke empat adalah melaksanakan reformasi birokrasi berorientasi pada pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi dan misi kelima memperkuat kondisi masyarakat aman, nyaman dan tertib.

"Melihat kemajuan yang dicapai dan keunggulan yang disiapkan sesuai pencapaian indikator, kami menilai Banjarbaru semakin unggul kedepan. Apalagi melihat "tagline" Banjarbaru Kita, Banjarbaru Berubah hingga Banjarbaru Berinovasi," ucapnya.

Ke depan, sesuai "tagline" memasuki empat tahun kepemimpinan kepala daerah tahun 2019 yakni Banjarbaru Pemenang, menjadi penyemangat baik bagi aparatur dan masyarakat untuk bersama-sama memajukan kota berjuluk Idaman itu.

Sebelumnya, wali kota mengatakan, sepanjang 2018 sejumlah prestasi dan penghargaan diraih Banjarbaru sehingga memasuki tahun 2019 ditetapkan "tagline" Kota Banjarbaru sebagai kota bermental pemenang dengan meraih banyak prestasi. 

"Seiring dinamika masyarakat yang terus berkembang dengan segala hambatan dan permasalahan yang semakin komplek, namun semangat juang masyarakat tidak pernah surut membawa Banjarbaru sebagai Kota bermental pemenang," katanya.

Sejumlah prestasi dan penghargaan yang dicapai sepanjang tahun 2018 diantaranya SAKIP predikat B dengan nilai 63,28, opini Wajar Tanpa Pengecualian tahun ketiga dari BPK, kota layak anak, penghargaan Manggala Karya Kencana. 

Selanjutnya, penghargaan Nata Mukti Nindya sebagai suatu penghargaan tertinggi bagi pemerintah kota yang membuat inovasi dalam membangun iklim ekonomi UMKM maupun dalam meningkatkan daya saing usaha kecil menengah secara keseluruhan. 

Kemudian, penghargaan pandu negeri kategori kota dengan kinerja dan tata kelola yang baik diberikan Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), pakarti utama I nasional yang diberikan kepada TP PKK Kota Banjarbaru. 

Penghargaan nasional Precurement Award kategori komitmen penerapan standar LPSE 2014, masuk TOP 25 pengelola pengaduan pelayanan publik, pendukung KUR terbaik, kepatuhan terhadap standar pelayanan. 

Anugerah Paharita Ekapraya yang pertama kalinya dan diberikan atas komitmen tinggi Pemko Banjarbaru dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lima penghargaan adiwiyata nasional dan 10 adiwiyata mandiri. 

Penghargaan adipura yang diraih 7 kali berturut-turut, kota layak HAM yang memiliki kepedulian terhadap penegakan HAM dan Kelurahan Guntung Paikat yang dinobatkan sebagai salah satu kelurahan terbaik tingkat nasional. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019