Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan mengimbau kepada semua elemen terutama jajaran elite partai dan birokrat, untuk menjaga suasana tetap kondusif terutama jelang pelaksanaan Pemilu 17 April.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Muhammad Arif, Kamis mengakui di daerah khususnya Kabupaten Kotabaru merupakan daerah yang tergolong tingkat kerawanan cukup tinggi menjelang pelaksanaan Pemilu.

"Hal itu dikarenakan adanya perbedaan pilihan dan dukungan, sebagai akibat dari penerapan sistem demokrasi," kata Arif.

Selain itu secara geografis, Kotabaru yang terdiri dari pulau dan kepulauan ini memang cukup luas, sehingga dipastikan banyak tempat pemungutan suara (TPS) yang keberadaannya tidak sebanding dengan jumlah personel yang menjaga keamanan.

Namun demikian, lanjut Arif, sepanjang sejarah tidak pernah terjadi konflik yang melibatkan perpecahan di Bumi Saijaan, hal itu karena memang masyarakat sudah semakin cerdas dan dewasa dalam menyikapi perbedaan.

Untuk itu, jika melihat dari sisi positifnya, kerawanan tersebut hendaknya menjadikan semua pihak berpartisipasi dalam menciptakan suasana yang damai dan aman.

Terutama para elite baik dipusat hingga daerah, hendaknya lebih bijak dan santun dalam mensosialisasi atau berkampanye, jangan ada statemen atau komentar yang menyudutkan pihak tertentu, walaupun ada perbedaan pandangan dan dukungan.

Sebab jika salah dalam penyampaian atau sosialisasi, tidak menutup kemungkinan akan menjadi pemicu yang dapat memprovokasi masyarakat.

Oleh karenanya, baik secara pribadi maupun lembaga, mantan pengacara ini mengharapkan kepada semua pihak khususnya para calon legislatif (caleg) yang turut dalam kompetisi pada Pemilu, termasuk tim sukses, agar menjalankan sosialisasi dengan cara yang santun dan bermartabat.

"Jangan membuat komentar atau statemen yang dapat menjadikan pihak lain tersinggung, tapi hendaknya mensosialisasikan kepada masyarakat dengan cara-cara yang santun, elegan dan bermartabat," jelas Arif.

Jelaskan kepada rakyat bahwa kita mampu dan siap berjuang dalam mengemban aspirasi masyarakat yang diwakili.

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019