Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) H A Tamzil membuka secara resmi lomba Madihin dan Bapandung yang diselenggarakan oleh KPU yang bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten HST, di Lapangan Dwiwarna Barabai, Sabtu.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan Pemilu serentak tahun 2019. Turut dihadiri oleh Wakapolres HST Sarjaini dan Pasi Intel Kodim 1002 Barabai Capten Subhan dan seluruh Komisioner KPU HST.

Dalam sambutannya, Tamzil menyambut positif dan mengapresiasi dengan dilaksanakannya sosialisasi Pemilu 2019 lewat lomba madihin dan bapandung.

Karena menurutnya, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 melalui suguhan yang menarik dengan dikemas pertunjukkan seni dan budaya.

"Sosialisasi melalui kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian dan memasyarakatkan seni budaya khususnya di Bumi Murakata," ujar Tamzil yang juga merupakan Ketua umum Dewan Kesenian HST.

Ditambahkannya, madihin dan bapandung merupakan seni dan budaya tradisi masyarakat Banjar yang tumbuh dan berkembang di masyarakat kita tempo dulu.

Tujuannya bukan hanya sebatas hiburan bagi masyarakat, tetapi juga mengandung pesan dan nilai-nilai positif bagi kehidupan kemasyarakatan.

"Melalui lomba ini semoga dapat memberikan pesan-pesan moral kepada kita semua dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan suasana yang aman, damai, dan sejuk," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU HST Johransyah mengatakan, upaya mensosialisasikan Pemilu serentak 2019 terus dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya dengan menggelar lomba Madihin dan Bapandung ini.

"Sosialisasi ini sangat efektif, karena cara ini lebih cepat dipahami dan juga diminati warga karena dianggap tidak membosankan," pungkasnya.

Karena dari 31 peserta lomba, mereka menyuguhkan penampilan dengan berbagai kreativitas menyampaikan pesan-pesan terkait pelaksanaan Pemilu 2019 kepada penonton.

Keluar sebagai pemenang pada lomba madihin tersebut  yaitu, M. Syaifi  Sya’ban Madani dari Desa Tabudarat sebagai juara pertama.

 M Akbar Fadillah dari MAN 1 Barabai sebagai  juara kedua dan juara ketiga diraih oleh Naim dari SMAN 8 Barabai. 

Sementara pada lomba Bapandung, juara pertama diraih oleh Khairina Nur Amalia dari MAN 1 Barabai, Akhmad Sunadi dari  SMKN 2 Barabai sebagai juara kedua dan Maria Ulfah dari SMAN 3 Barabai sebagai juara ketiga.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019