Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menggunakan tenaga sebanyak 120 orang dari beberapa kecamatan yang ada di "Bumi Bersujud" untuk melakukan pelipatan surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada April 2019.

Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu, Mahruri, di Batulicin, mengatakan ada 1,2 juta lembar surat suara pemilu yang terdiri dari surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD dan DPRD.

"Pelipatan surat suara yang mencapai 1,2 juta lembar tersebut ditargenkan akan rampung sebelum 12 April, pasalnya pada tanggal tersebut akan dilakukan pendistribusian ke tingkat Kecamatan," katanya.

Dia menjelaskan, pada 12-15 April akan dilakukan pendistribusian surat suaradari KPU ke tingkat kecamatan, pada 14-16 April pendistribusian surat suara dari kecamatan ketingkat desa, sedangkan dari desa hingga ke TPS dil;akukan pada 16-17 April.

Surat suara yang harus mereka kerjakan untuk dilipat sudah sesuai dengan jumlah pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tanha Bumbu yang mencapai 241.983 ribu jiwa.

Menurut Mahruri, para pekerja lepas pelipat surat suara tidak hanya bertugas melakukan pelipatan saja melainkan juga melakukan pengecekan kondisi surat suara apakah dalam kondisi baik atau rusak pada lembaran surat suara tersebut.

"Surat suara pemilu yang kami anggap tidak layak atau rusak seperti berlubang pada bagian tertentu, tintanya luntur, sobek atau tidak jelas selanjutnya akan dikumpulkan kemudian direkap," katanya.

Seluruh petugas pelipat surat suara ini rata-rata sudah memiliki pengalaman, bahkan sebagian besarnya sudah ikut terlibat dipelipatan surat suara waktu pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Pihaknya sangata yakin seluruh petugas yang melipat suara mampu bekerja maksimal dan cepat karena sebagian adalah petugas yang masih muda.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019