Sebanyak 20 pedagang di Pasar Tanjung, Kabupaten Tabalong, menerima program kredit gerbang emas atau Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera sebagai upaya menekan para rentenir.

Pelaksana tugas Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Tabalong Bersinar, Husin Ansari mengatakan kredit yang diberikan tanpa bunga ini diharapkan bisa membantu usaha lokal.

Sebagai tahap awal kredit ini diberikan kepada pedagang di Pasar Tanjung dan targetnya pedagang di pasar lainnya bisa menikmati pinjaman dengan bunga nol persen.

Husin menambahkan kredit yang diajukan maksimal Rp3 juta khusus untuk pedagang lapak.

Guna mendukung program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera Pemkab Tabalong menggandengan PT BPR Tabalong Bersinar dan UPT Pasar Tanjung.

Penyerahan kredit gerbang emas oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani disaksikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat Norzain A Yani serta Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Aberani Aberar.

Anang mengakui selama ini praktik rentenir cukup meresahkan masyarakat termasuk para pedagang karena sangat merugikan.

"Melaui kredit tanpa.bunga ini bisa membantu para pedagang mengembangkan usahanya dan tak lagi tergantung dengan rentenir," jelas Anang.

Pedagang penerima kredit pun diingatkan tidak bersikap konsumtif dan digunakan sebagai modal usaha.

Untuk pedagang lapak kredit yang diberikan maksimal Rp3 juta dan Usaha Kecil Mikro pinjaman bisa mencapai Rp25 juta.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019