Pelayanan optimal terus diupayakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya untuk kebutuhan dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani, Senin (4/3) menjelaskan, dalam memberikan pelayanan yang terbaik tim Disdukcapil Balangan melaksanakan berbagai inovasi, di antaranya, program pelayanan khusus daerah terpencil dengan sistem jemput bola, dilanjutkan dengan program Hati Unda (Hati Saya; red).

"Cara jemput bola, yakni dengan turun langsung ke lapangan, menyisir wilayah terpencil," ungkapnya.

Menurut dia, bukan hanya mendatangi daerah terpencil, para petugas juga menerima panggilan perekaman e KTP bagi warga yang tidak mampu, atau tidak bisa datang ke kantor Dukcapil, karena lumpuh atau orang yang berkebutuhan khusus.

Ada pun, program Hati Unda adalah sebuah inovasi dalam rangka keberpihakan kepada penduduk rentan administrasi kependudukan.

“Hanya telepon, ulun datang, ini artinya bahwa penduduk cukup menghubungi melalui telepon, maka Tim Disdukcapil Balangan langsung bergerak mendatangi,” jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa, Disdukcapil selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, Akta dan lainnya gratis.

“Tahun 2019 ini kita akan kembali menyasar wilayah terpencil lainnya, sama seperti tahun 2018 lalu, agar pelayanan yang diberikan bisa merata di semua daerah,’’ katanya.

Menurut dia, pelayanan dalam administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang dijalankan oleh Disdukcapil ini disambut antusias oleh warga Balangan. "Buktinya sepanjang 2018, Disdukcapil Balangan mencetak 14.543 buah KTP Elektronik (e-KTP), dan hingga Februari 2019 sudah dilakukan 92.140 pencetakan e-KTP," sebut dia. 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019