Pelaihari,- Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1009 Pelaihari dan Kompi C 623 Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  bersama masyarakat Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambang Ulang melakukan perbaikan mushola, Sabtu (2/3).

 
Mushola dulunya memiliki teras tidak terlalu lebar, melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 dilebarkan.

Begitu pula bagian atap sengnya,  sebelumnya berwarna kusam, kini setelah di cat warna biru menjadi lebih cerah dan enak dipandang mata.

Selain perbaikan mushola, Taman Pendidikan Al-Qur’an Darus Sallam semula bangunanya dari kayu, kini telah di bongkar total dan diganti bangunan permanen.

Pemandangan lainnya dari kegiatan TMMD ke-104 adalah, pembuatan siring di areal perkebunan kelapa sawit warga.

Kepala Desa Martadah Baru Slamet Prayitno mengungkapkan, adanya kegiatan TMMD di desanya sangat membantu sekali bagi warga.

Menurut dia,  program-program dikerjakan dalam kegiatan TMMD seperti pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk fisiknya, sebut dia, berupa pembangunan drainase, pengerasan jalan, siring dan ada sasaran-sasaran tambahan seperti,  pembangunan TPA, bedah rumah dan rehab mushola.

“Sebelum masuknya TMMD memang Desa Martadah Baru diakui banyak kekurangan dalam hal ini utamanya infrastruktur,  khususnya masalah jalan pemukiman dan jalan pertanian,”kata Slamet Prayitno.

Masuknya TMMD ke Desa Martadaha Baru, ungkap dia,  masyarakat lebih mudah dalam melakukan akses kegiatan seperti,  membawa hasil pertanian, perkebunan dan mencari rumput untuk keperluan hewan ternak warga.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019