Pelaihari,-Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta secara simbolis membagikan sertifikasi bagi guru tingkat SD dan SMP yang telah lulus Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2018 lalu, di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Laut, Jum’at (1/3).


Kadisdikbud Tanah Laut  Abdilah mengungkpkan, jumlah penerima sertifikat PLPG sebanyak 122 orang,  terdiri dari guru TK 46 orang, guru SD 60 dan guru SMP 16 orang.

Menurut dia,  hasil dari program pendidikan dan pelatihan guru tersebut  diselenggarakan oleh Kemendikbud RI.

“Dari jumlah itu masih ada sembilan orang guru yang sudah mengikuti seleksi sebanyak empat kali tetapi belum berhasil,”kata Abdillah.

Abdillah menambahkan, jumlah guru di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 2.494 orang dan dari jumlah itu sebanyak 2.197 orang sudah sertifikasi.

“Khusus guru non ASN sebanyak 77 orang, termasuk  guru yayasan bersertifikat dan mereka mendapatkan  tunjangan sertifikasi dari Pemerintah RI,”ungkapnya.

Terpisah, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengungkapkan,   para guru harus memiliki karakter dan sikap yang lebih baik dari sebelumnya ketika sudah mengantongi sertifikat.

Dia juga menambahkan, semua itu merupakan tuntutan perkembangan jaman, dimana seluruh jabatan prosfesi semuannya harus punya sertifikat.

“Saat ini menjadi profesi guru bukan hanya sebagai  jabatan fungsional, namun harus diikuti dengan sertifikasi,” ucapnya.

Sukamta juga menekankan,  semua harus diikuti dengan rasa tanggungjawab dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar , sehingga  guru dituntut profesionalisme dan kompetensinya.



 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019