Isteri Gubernur Kalsel, Ny Hayatun Fardah Rudy Ariffin menilai agar memperoleh generasi berkualitas sebagai calon pemimpin bangsa dengan akhlak yang baik seharusnya pendidikan anak dilakukan sejak usia dini.


"Anak pada usia 0-6 tahun sangat baik diberikan pendidikan dan menanamkan nilai yang luhur, sehingga ia akan menjadi generasi yang cerdas, baik dan berakhlak," kata Hj Hayatun Fardah Rudi Ariffin, ketika Orientasi Teknis para guru PAUD di Barabai, Selasa.

Pada Orientasi teknis guru TK, KB, dan Penilik PNF angkatan I,II,III dan VI tingkat Provinsi Kalsel 2012, Hayatun menjelaskan, guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, apalagi ia berperan sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Saat ditanamkan nilai-nilai luhur kepada anak, pada saat itu pula otak anak akan lebih cepat merespon sehingga ia kelak menjadi manusia yang cerdas.

Bahkan, kata dia, usia anak dalam kandungan yang berkisar empat sampai sembilan bulan dalam kandungan, sangat di anjurkan oleh agama Islam untuk membacakannya ayat-ayat suci Al-qur�an.

Bukan hanya itu, sebagai orang tua harus mengajak anak saat dalam kandungan untuk berbicara dan mulai dari itulah anak akan lebih mengenal dunianya dan orang tuanya.

Sekitar 80 persen karakter dan sifat anak akan dipengaruhi oleh lingkungan, dan sisanya dari orang tua.

"Untuk itu, kita perlu mengenalkan anak kita pendidikan di usia dini agar ia lebih awal bisa menyaring apa yang ia peroleh dan apa yang ia tangkap dalam pendidikannya," tegasnya.

Hayatun berpesan kepada semua pendidik agar insan-insan mulia bisa menjadi generasi yang mulia dan menjadi anak-anak yang berakhlakul karimah.

  Orientasi Teknis para guru PAUD dan penilik PNF ini dihadiri oleh tujuh kabupaten yaitu , Kotabaru, Banjarmasin, Banjarbaru, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Balangan, Hulu Sungai Tengah./D.
(T.I022/B/H005/H005) 16-10-2012 15:53:18

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012