Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ada pemandangan berbeda pada Selasa (19/2) pagi di area tempat pembuangan sampah sementara di dekat Pasar Kuripan Banjarmasin. Nampak personel Polda Kalsel beramai-ramai membersihkan sampah yang berserakan untuk dimasukkan ke bak truk penampungan.

Bahkan sang Kapolda pun terlihat begitu semangat memimpin aksi bersih-bersih dengan menggunakan sekop dan sapu lidi hingga areal tersebut jadi bersih dari sampah dan truk siap berangkat menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih di Banjarmasin Selatan.

"Kerja bakti personel Polda Kalsel ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari," ucap Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani.
Menurut Kapolda, momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional harus bisa menggugah kesadaran masyarakat agar dapat menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Kami mengajak masyarakat peduli kesehatan yang dimulai dari hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan," kata jenderal polisi bintang dua itu.

Yazid mencontohkan, sampah plastik yang sulit terurai hingga menumpuk di satu tempat seperti drainase hingga mengganggu sanitasi dapat mengganggu kesehatan warga yang tinggal di sekitarnya.
Untuk itu, Kapolda mengajak bersama-sama seluruh warga untuk peduli terhadap persoalan sampah, terutama sampah non organik yang harus segera dibersihkan.

Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan personel Polda Kalsel dan juga Polresta Banjarmasin serentak dilakukan di sejumlah tempat. Selain di Pasar Kuripan, anggota juga disebar di Pasar Ahmad Yani dan Pasar Sudimampir. 

Direncanakan juga berlanjut dengan menyasar kawasan sungai yang ada di Kota Banjarmasin pada Rabu (20/2). 

Dimana pada puncak memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2019, Polda Kalsel melaksanakan apel gabungan di TPA Basirih.
Hari Peduli Sampah Nasional diketahui pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari.

Adanya insiden tersebut menjadi pemicu untuk dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional hingga ditarget supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Sejumlah elemen masyarakat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan beragam cara melalui aksi nyata seperti kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sampah semakin meningkat.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019