Cabang olah raga Kalimantan Selatan dayung berhasil meraih medali perak nomor dragon boat 1000 m pada pelaksanaan Pekan Olah raga Nasional XVIII 2012 di Pekanbaru, Riau, Minggu.

Medali perak yang berhasil di peroleh Kalimantan Selatan (Kalsel) di nomor dragon boat 1000 m tersebut diikuti 22 orang pedayung asal Bumi Antasari.

Sementara ditempat berbeda Bupati Barito Kuala Kalsel Hasanudin Murat mengungkapkan bahwa cabang olah raga dayung di Kalsel merupakan salah satu cabang olah raga yang seharusnya paut di perhitungkan.

Namun demikian kemunduran prestasi cabang olah raga dayung bukan karena faktor Pemerintah Kabupaten Barito Kuala tidak mendukung dan hal tersebut bisa di sebabkan oleh pembinaan yang bagus.

Bibit pedayung banyak terdapat di Kabupaten Barito Kuala Kalsel namun yang menentukan adalah polesan pembinaan sehingga atlet dapat meraih prestasi secara maksimal.

PON XVIII Pekanbaru, Riau digelar 11-21 September 2012 dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono beserta Mentri Pemuda dan Olah raga.

Provinsi Kalsel mengirimkan setidaknya 222 orang atlet guna mengikuti 31 cabang olah raga yang dipertandingkan dalam ajang bergengsi PON XVIII Pekanbaru, Riau 2012.

Pekan Olah raga Nasional akan mempertandingan cabang olah raga diantaranya menembak, tinju, binaraga, renang, taekwondo, catur, dayung, karate, biliar, panjat tebing, bridge, atletik, dan bulutangkis.

Sedangkan jumlah cabor unggulan Kalsel saat ini ditetapkan sebanyak 15 cabang meliputi gulat, menembak, tinju, angkat berat dan binaraga.

Kemudian cabang olah raga loncat indah, renang, biliar, balap motor, taekwondo, base ball, catur, dayung, wushu dan pencak silat.

Selain itu, KONI Kalsel juga memiliki 21 cabor yang dianggap potensial seperti sepak bola, bola basket, bola voli, kempo, selam, bridge dan bulu tangkis dan golf.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012