Martapura (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 77 perempuan yang tergabung dalam organisasi TP PKK Kertak  mengikuti pemeriksaan Test Iva untuk menghindari secara dini kanker serviks (kanker mulut rahim) di Hotel Tree Park Kertak Hanyar, Sabtu (9/2).

 
Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah saat membuka Penyuluhan dan Pemeriksaan Test Iva, mengapreasi dan menyambut baik MOU yang ditandatangani TP PKK Kartak Hanyar dengan pihak bekerjasama swasta Hotel Tree Park dan Puskesmas Kertak Hanyar.

"Penyuluhan dan pemeriksaan IVA Test ini sangat bermanfaat untuk mengetahui secara dini potensi kanker serviks (kanker mulut rahim)", kata Hj Raudathul Wardiyah.

Menurutnya Semakin cepat diketahui, kian mudah pula diobati, sehingga Ibu-ibu terhindar dari penyakit kanker rahim.

Dia menambahkan, sebagai kaum perempuan, harus menjaga kesehatan dan sudah seharusnya mengetahui sekecil apapun gejala kelainan yang terjadi pada tubuh kita dengan memeriksakan diri.

”Apalagi pemeriksaan ini gratis untuk ibu-ibu. Jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut” tandasnya.

Raudathul pun berharap, dengan kegiatan ini kian mendorong kaum perempuan melakukan pemeriksaan sedini mungkin terhadap kanker serviks minimal satu kali dalam setahun. Tak kalah pentingnya biasakan pola hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Hotel Tree Park dan Puskesmas Kertak Hanyar yang sudah bekerja sama dengan PKK setempat untuk melaksanakan pemeriksaan IVA Test ini./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019