Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim menggelorakan hidup sehat dengan berjalan kaki santai 10.000 langkah setiap hari.

"Fun walk 10.000 langkah ini bisa dilakukan pagi atau sore hari," kata Erwin.

Metode jalan santai, kata Erwin, disarankan grouping alias beramai-ramai bersama teman atau pasangan dengan sambil ngobrol ringan.

Adapun 10.000 langkah bisa membakar 450 sampai 500 kalori dan akan lebih optimal jika menggunakan jaket parasut.
Dia mencontohkan, lokasi Siring Menara Pandang Banjarmasin bisa jadi area yang bagus untuk melakukan olahraga berjalan kaki tersebut. Dengan rute tiga kali putaran mengelilingi Jembatan Merdeka dan Jembatan Pasar Lama berjarak total 6,6 kilometer ditempuh selama 1 jam 15 menit.

Untuk efek yang ditimbulkan dari gaya hidup sehat melakukan aktivitas berjalan kaki secara rutin itu, tambah Erwin, bisa membuat perasaan senang gembira, relaksasi dan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh.

Kemudian manfaat bagi tubuh juga, menjaga posture yang baik, memicu peningkatan sirkulasi darah, mengurangi risiko kanker, memperbaiki pergerakan alat pencernaan, mengurangi tekanan bola mata dan memperbaiki penglihatan mata serta menegah glaucoma.

"Yang pasti langsung bisa dirasakan dapat mengurangi stress dan  kecemasan serta peningkatan kualitas tidur," pungkas Erwin.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019