Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menyerahkan 3.000 Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada Komisi Pemilihan Umum setempat, Jumat.

Ketua DPD Partai Nasdem Banjarbaru Fitri Zamzami, mengatakan, penyerahan ribuan kartu tanda anggota itu sebagai bentuk kesiapan menjalani proses verifikasi sebagai partai politik calon peserta pemilu.

"Penyerahan ribuan KTA itu sebagai salah satu langkah memenuhi persyaratan partai calon peserta pemilu sekaligus menunjukan kesiapan Nasdem Banjarbaru diverifikasi baik administrasi maupun faktual," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah KTA yang diserahkan baru sebagian dari jumlah keseluruhan simpatisan dan kader yang sudah dibuatkan kartu anggota dan diharapkan seluruhnya lolos verifikasi faktual komisi pemilihan umum.

"Jumlah KTA yang diserahkan memang tidak seluruhnya, tetapi hanya sebagian namun jumlahnya sudah melebihi syarat KTA yang harus dilengkapi partai calon peserta pemilu," ungkapnya.

Dikatakan, selain menyerahkan ribuan kartu tanda anggota sebanyak dua boks yang diterima Ketua KPU Kota Banjarbaru Fitriyadi dan anggota lainnya, Nasdem Banjarbaru juga menyerahkan susunan kepengurusan partai.

Dijelaskan, pihaknya sudah membentuk kepengurusan baik ditingkat kota, kecamatan hingga pengurus ranting atau kelurahan yakni sebanyak 20 ranting/kelurahan yang ada di Banjarbaru.

"Kepengurusan itu merupakan syarat administrasi yang akan diverifikasi KPU termasuk sekretariat partai yang juga sudah ada dan kami yakin lolos verifikasi karena seluruhnya sudah memenuhi syarat," ujarnya.

Ketua KPU Kota Banjarbaru Fitriyadi mengatakan, dilihat dari jumlah KTA yang diserahkan maka Partai Nasdem Banjarbaru sudah memenuhi syarat karena jumlahnya melebihi syarat minimal kartu tanda anggota parpol.

"Sesuai kesepakatan antara parpol mengenai syarat minimal KTA yang dihitung per seribu jumlah penduduk Banjarbaru sebanyak 239.773 jiwa maka KTA yang diserahkan sebanyak 240 sehingga sudah terpenuhi," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya akan memverifikasi baik administrasi maupun faktual KTA Partai Nasdem dan seluruh partai politik calon peserta pemilu lainnya apabila sudah menyerahkan kartu tanda anggota.

"Penyerahan KTA parpol calon peserta pemilu sesuai jadwal dimulai sejak 10 Agustus - 7 September 2012 disusul verifikasi yang dilakukan pada 4 Oktober hingga 25 November 2012," katanya.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012