Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Tema peringatan hari jadi ke-68 Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diwarnai angka serba 68, dengan konsep acara mengusung tagline, “Sehati sa Dahaan, cinta dari hulu ke hilir”.

Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie, di Tambak Bitin, Senin (14/1), mengatakan selain sajian Lapat sebanyak 68 buah dari 19 desa se Kecamatan Daha Utara, disediakan juga 68 balon yang salah satunya berisi uang tunai sebesar Rp68 ribu, 68 jenis kue, 68 doorprize, dan 68 paket pemeriksaan kesehatan.

"Untuk konsep mengadopsi visi misi Bupati HSS, yaitu Sehati plus Cinta HSS dengan harapan konsep sejahtera, agamis dan produktif, terus berjalan di Kecamatan Daha Utara, selain itu konsep cerdas, inovatif, dan teknologis untuk sejahtera dunia dan akhirat juga terus berjalan," katanya.

Dijelaskan dia, sejarah wilayah Negara yang tidak terlepas dari cerita kerajaan jaman dahulu, yang dinamakan kerajaan Nagara Daha, kerajaan tersebut runtuh karena kemelut dan berakhir sekitar tahun 1525 dan dilanjutkan oleh Kerajaan Banjar.

Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Peringati hari jadi Kecamatan Bupati HSS harapkan Daha Barat lebih maju

Pada masa perang kemerdekaan, wilayah Daha turut berjuang melawan penjajah melalui perlawanan yang dikenal dengan perang Palagan 2 Januari 1949, sejak tanggal 2 Desember 1950, Kecamatan Daha Utara menjadi bagian dari Kabupaten HSS, yang saat itu terdiri dari delapan kecamatan.

“Kantor Kecamatan Daha Utara, sebelum tahun 1984 bertempat di Desa Pasungkan, saat ini Desa Teluk Labak. Setelah tahun 1984, Kantor Kecamatan dibangun di Desa Tambak Bitin sampai sekarang,” katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan ada delapan kecamatan yang hari jadinya bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten HSS, termasuk Daha Utara. Seiring dengan berjalannya waktu, dibentuk tiga kecamatan lainnya setelah lahirnya Kabupaten HSS.

Tak lupa ia mengucapkan selamat kepada Kecamatan Daha Utara dan agar Daha Utara dengan semakin menanjaknya usia semakin dewasa dan mandiri untuk terus melanjutkan pembangunan di wilayahnya.

"Semoga dengan syukuran ini, Allah akan terus memberikan nikmat yang lebih di masa yang akan datang,” katanya, saat memberikan sambutan, bertempat di halaman Kantor Kecamatan Daha Utara.

Dijelaskan dia, tahun 2019 ini akan ada peningkatan Jalan Tambangan - Baruh Jaya dengan dana sebesar Rp480 juta,peningkatan Jembatan Sungai Mandala dan peningkatan pelayanan kesehatan, berupa pembangunan poskesdes.

Di bidang pendidikan, diberikan mobil sekolah untuk para pelajar, diberikannya alat transportasi yang lebih kecil dari bus sekolah pada umumnya, karena untuk menghindari kemacetan di wilayah Daha.

Peringatan hari jadi ke-68 Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kecamatan Angkinang rayakah hari jadi ke-68

Harapan dia, apa yang dibangun di tahun ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Daha Utara dengan semangat kebersamaan hari jadi juga terus dirajut untuk pembangunan di masa yang akan datang.

"Pembangunan ini tidak semata tugas camat tapi juga semua pihak, dan kepada jajaran Pemerintah Kecamatan Daha Utara dan perangkat desa kami berpesan agar terus berjuang dan berusaha untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," katanya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad beserta istri, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi SE, Pj Sekda HSS H Hubriansyah, anggota DPRD Dapil Daha, para pejabat Pemkab HSS, Ketua TP PKK Kecamatan beserta pengurus, para Camat Daha Utara Periode terdahulu, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, tokoh agama dan masyarakat, serta masyarakat Kecamatan Daha Utara.

Peringatan hari jadi ke-68 Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019