Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan da Ilmu Pendidikan (STIKIP PGRI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan  berhasil meraih juara umum Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir IV 2019 diselenggarakan dalam rangka menyemarakan Hari Jadi ke-59  Kabupaten Barito Kuala, Jum’at (1/1) malam.


Lomba memperebutkan Trophy Bupati Batola yang menghadirkan juri profesional dari Jakarta dan Banjarmasin di Panggung Utama Lapangan 5 Desember Marabahan ini telah berhasil menelorkan juara umum, Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin.

Sanggar Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin ditetapkan sebagai juara umum karena berhasil memboyong sejumlah kemenangan masing-masing penyaji terbaik I, Penata Tari Terbaik, dan Penata Musik Terbaik dan Penyaji Unggulan Utama.  

Atas prestasi itu maka Sanggar Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin juga berhak meriah piala bergilir Bupati Barito Kuala Cup serta hadiah uang yang mencapai belasan juta.  

Sementara Penyaji Terbaik II diraih Sanggar Perpekindo Banjarmasin, Penyaji Terbaik III Sanggar Karamunting (Hulu Sungai Selatan).

Untuk Penyaji Terbaik IV diraih Sanggar Tingang Menteng Pahunjung Tarung dari Kabupaten Kapuas, Penyaji Terbaik V diraih Sanggar Manuntung Haruyung Kota Palangka Raya, dan Penyaji Terbaik VI diraih Sanggar Wasaka SMKN 1 Marabahan.

Sedangkan untuk Penata Rias dan Busana Terbaik diraih Sanggar Haruyung Manuntung dari Kota Palangka Raya.

Pada festival tersebut Pemkab Batola melalui Disporbudpar menyediakan hadiah dengan total mencapai Rp31,5 juta untuk enam pemenang baik penyaji terbaik, penata musik terbaik tari terbaik dan rias terbaik.

Wabup mengatakan, penyelenggaraan festival ini selain untuk menyemarakan Harjadi Batola ke-59 juga dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni tari khususnya Tari Serumpun Melayu Pesisir.

“Saya berharap melalui kegiatan akan semakin memajukan kebudayaan tari sekaligus lebih memperkenalkan kepada masyarakat terutama para generasi muda agar seni leluhur ini bisa bertahan serta berkembang lagi hingga masa-masa mendatang,”terangnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019