Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Umum Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Jenderal Pol (Purn) Bambang Hendarso Danuri atau yang akrab dengan sebutan BHD mengapresiasi terbangun 34 Rumah Pangan Kita (RPK) di Kalsel.

"Semoga RPK di Kalsel bisa terus bertambah kedepannya untuk meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan untuk berwirausaha," kata Bambang Banjarmasin, Kamis (10/1).

Hal itu dikatakan Bambang saat meresmikan pembentukan Rumah Pangan Kita di Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.

Dia mengatakan, RPK adalah mimpi yang mungkin tidak bisa terwujud selama dia berdinas dan bisa dilakukan justru setelah pensiun.
Mantan Kapolri yang juga pernah menjabat Kapolda Kalsel inipun menegaskan, sejalan dengan moto PP Polri, yakni tetap setia, sekali berjuang tetap berjuang. Dia ingin menunjukkan bahwa purnawirawan bisa berbuat sesuatu yang berguna untuk kesejahteraan anggota dan keluarga pensiunan.

"Program menggelorakan semangat berwirausaha ini terus kami tebar dan sekarang kita wujudkan di Kalsel.  Diawali di Jakarta ada 23 RPK, Bali 22 RPK, Jawa Tengah 20 RPK, Jawa Barat 20 RPK, Sumatera Utara 40 RPK dan terakhir ada Banten dan Lambung 33 RPK. Insya Allah berikutnya Sumatera Selatan dan Riau. Tentu prioritas program semua daerah akan kita sentuh," tuturnya.

Apalagi dengan dukungan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Indika, ungkap dia, para purnawirawan yang berminat akan dilatih secara gratis guna mengikuti program pembinaan yang nantinya bisa berwirausaha secara mandiri.

"Tak hanya bagi purnawirawan, kami juga memberikan kesempatan bagi anggota aktif yang tentu saja juga harus mempersiapkan diri setelah pensiun nanti agar bisa meningkatkan kesejahteraan di masa tua," pungkasnya.
Sementara Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani mendukung penuh berdirinya RPK di Kalsel yang kini sudah berjumlah 34 yang tersebar di Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

"Syukur alhamdulilah, ini inovasi dan kepedulian dari Ketua Umum PP Polri memberikan pembelajaran kepada purnawirawan untuk mengembangkan talenta di bidang bisnis. Semoga RPK di Kalsel bisa terus bertambah dan para pensiunan bisa hidup lebih sejahtera," ucapnya.

Pada kesempatan itu, BHD yang menjabat Ketua Umum PP Polri Periode 2016-2021 juga menyerahkan dana CSR kepada Ketua Daerah PP Polri Kalsel Kombes Pol (Purn) Dance Arsa senilai Rp300 juta.

Usai acara, pensiunan jenderal bintang empat yang dikenal ramah dan hangat kepada semua orang itu juga meninjau RPK yang ada di Banjarmasin, termasuk gelaran pasar murah yang barang dagangannya dari RPK.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019